Belajar Berfikir Kritis dari Cerita Roman "Melodylan"


Oleh:
Ayu Nurjanah*

Novel adalah karya seni jenis Sastra Indonesia yang termasuk dalam bentuk prosa. Cerita prosa panjang ini berisi kisah hidup atau perjalanan hidup seseorang dalam setiap buku yang tentunya hanya bersifat tidak nyata meskipun ada beberapa karya yang diangkat dari kisah nyata. Karya berjenis Novel ini membahas tentang cerita fiksi maupun non-fiksi dalam banyak bentuk genre seperti: Fantasi, Fiksi Ilmiah, Fiksi Remaja, Fiksi Sejarah, Fiksi Umum, Horror, Humor, Klasik, Laga, Misteri, Paranormal, Petualangan, Roman, dan Spiritual.

Kali ini kita akan membahas novel dengan genre roman yang sangat booming seperti Novel Melodylan dari penulis Asriaci, yang diterbitkan pada tahun 2017 itu memiliki halaman berjumlah 328. Cerita yang di tokohkan oleh Melody dan Dylan itu menceritakan tentang kisah di SMA, bertemakan persahabatan dan percintaan ini mampu menguasai pertelevisian yang berada di Indonesia pada saat itu.

Melody Alexandria adalah gadis lugu dan sangat polos dia tokoh utama yang sangat beruntung dengan keluarga yang harmonis, tokoh yang sangat di cintai, memiliki kakak yang selalu ada untuknya dan bunda yang mendengarkan semua keluh kesahnya. Dari semua kesempurnaannya Melody juga menyimpan begitu banyak luka di masalalunya yang berusaha dia kubur dalam-dalam dan berakhir meninggalkan semua cerita masalalunya untuk memulai hidupnya yang baru di kota dan sekolah barunya tapi, tanpa Melody sadari dia tidak bisa terhindar dari semua cerita masalalunya.

Jika ada pemeran utama wanita pasti juga ada pemeran pria dalam semua cerita. Dylan Arkana pemuda dingin, pemarah, bandel, tapi sayangnya dia sangat sempurna tampan, memiliki tubuh yang proposional, kaya dan dianugrahi otak yang cemerlang membuat dirinya menjadi idaman semua gadis yang melihatnya. Tidak seperti Melody, Dylan bernasip kurang beruntung dengan keluarga yang kurang harmonis tetapi disisi lain dia sebagai anak tunggal dia memiliki teman-teman Dan sahabat perempuan bernama Bella Valleria yang menjadi cinta pertama Dylan tetapi tidak dengan Bella yang sangat mengagumi sosok Fatur Adriano yang tidak pernah bisa membalas cintanya 

Percintaan rumit ini di mulai saat Melody memasuki sekolah barunya dan memunculkan skandal bersama Dylan karena sebuah insiden. Berkat kejadian itu hubungan mereka semakin dekat meksipun hanya kata-kata sarkas dari Dylan untuk Melody dan kata-kata puitis dari Melody untuk Dylan disetiap berdebatan mereka. Fathur Adriano yang menjadi murid teladan di sekolah itu memiliki ketertarikan pada Melody si gadis skandal yang membuat seluruh penghuni sekolah geger karena kejadian pagi yang sangat di luar rencananya mobil yang sedang Melody kendarai bersama sopirnya mengalami kebocoran pada rodanya. Melody dengan sangat terpaksa memberhentika paksa motor Dylan dan meminta tumpangan saat Melody melihat seragam mereka sama.

Semua itu berawal dari sana, dirasa menjadi ancaman beberapa siswi Salah satunya Bianca yang sangat memiliki ketertarikan pada Dylan, Melody menjadi sasaran empuk untuk bahan bullying sampai dimana dia menemukan sahabat-sahabat barunya yang akan menjaga Dan menemani masa SMA nya. Dirasa hubungan Dylan dan Melody semakin baik hal itu membuat mereka semakin dekat.

Dirasa kehidupan Melody sedikit membaik dari sebelumnya semua hal buruk dari masalalunya muncul sedikit demi sedikit secara bertahap. Dari pesan online, bunga lily dan kehadiran pria yang sangat dia benci dan sangat dia hindari. Berkat Dylan, Melody selalu merasa sedikit di lindungi hal itu membuat gadis polos itu merasa tersentuh.

Kisah percintaan Dylan yang sangat menyayangi Melody, Melody yang sangat menyayangi Dylan. Fatur yang tertarik dengan Melody sedangkan Bella yang sudah sangat lama mendambakan Fatur membuat kisah percintaan mereka dilanda dilema. Disini Melody yang selalu merasa bukan prioritas Dylan sangat cemburu saat Dylan yang selalu memperhatikan Bella yang memang memiliki penyakit bawaan dan memperlakukannya dengan sangat berlebihan. Disisi lain ada Fatur yang semakin tertarik dan menyayangi Melody tanpa dia sadari dia sangat melukai Bella dan membuat Bella yang merasa Melody mengambil semua orang-orang tersayang dalam hidupnya untuk berpaling darinya, karena hal itu membuat Bella sedikit membenci Melody. Dan terakhir Dylan yang merasa Melody sangat egois Dan tidak bisa mengerti dirinya membuat Dylan semakin lama merenggang Dan membuatnya menyerah dalam hubungan yang mereka bangun.

Jadi, bagi yang menyukai novel dengan genre roman yang penuh dengan teka-teki wajib membaca Melodylan 1 sebelum membaca episode Ke-2 nya. Dari pemaparan diatas, novel dengan judul Melodylan Karya dari penulis Asriaci ini harus dibaca dengan teliti penuh penghayatan disetiap kata yang ditulis.

* Penulis adalah pelajar SMA NEGERI 1 KEPANJEN