Jumlah Penduduk, Daftar Nama Kelurahan dan Jumlah RT/RW se-Kecamatan Lowokwaru Kota Malang

Gbr. Peta lokasi kecamatan Lowokwaru Malang Kota / ist.

Data jumlah Penduduk, jumlah RT - RW di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang (Update data akan dilakukan setiap tahun berdasarkan perkembangan terbaru)

JurnalMalang, Data-Statistik - Kecamatan Lowokwaru Kota Malang merupakan salah satu Kecamatan berpenduduk terpadat di Kota Malang, dengan jumlah 12 Kelurahan, 121 RW dan 800 RT. Letaknya paling barat kota, berbatasan dengan Kec. Dau dan Kec. Karangploso Kabupaten Malang dan arah menuju Kota Batu.

Kota Malang sendiri merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Kota Surabaya. Terdapat 5 Kecamatan, 57 Kelurahan dan jumlah total penduduk Kota Malang sudah hampir mencapai 1 juta jiwa. Total jumlah RT/RW se Kota Malang adalah 551 RW dan 4235 RT.

Di Kecamatan ini terdapat banyak Perguruan Tinggi seperti Unisma, STIH Sunan Giri, ITN, UIN Maliki, IPM, Politeknik UB dan bersebelahan dengan kampus utama UMM di Tlogomas. Di sini juga terdapat Pesantren khusus mahasiswa yaitu Ponpes Luhur Sumbersari 88 (sebelah timur kampus utama UIN Maliki), santrinya bisa mondok sekaligus kuliah di berbagai kampus sekitarnya.

Masyarakat Lowokwaru relatif terbuka, asimilatif dan terbiasa berinteraksi dengan pendatang yang umumnya kuliah. Di kecamatan ini berkembangan berbagai usaha seperti kos kosan, kuliner, laundry, rental komputer, foto copy dan penjilidan, servis elektronika, pasar tradisional sayur mayur dan lainnya. Perputaran uang di wilayah ini sangat tinggi. Ujung baratnya rata rata perumahan kelas menengah dan cafe, dan akses menuju Kota Batu.

Berikut ini nama-nama Kelurahan se Kecamatan Lowokwaru Malang, serta jumlah penduduk masing-masing Kelurahan berdasarkan sensus terbaru 2021/20:

1. Kelurahan Merjosari.

Jumlah penduduk sebesar: 20.872 jiwa.

2. Kelurahan Dinoyo.

Jumlah penduduk sebesar: 18.506 jiwa.

3. Kelurahan Sumbersari.

Jumlah penduduk sebesar: 17.079 jiwa.

4. Kelurahan Ketawanggede.

Jumlah penduduk sebesar: 9.784 jiwa.

5. Kelurahan Jatimulyo.

Jumlah penduduk sebesar: 22.606 jiwa.

6. Kelurahan Lowokwaru.

Jumlah penduduk sebesar: 17.084 jiwa.

7. Kelurahan Tulusrejo.

Jumlah penduduk sebesar: 16.674 jiwa.

8. Kelurahan Mojolangu.

Jumlah penduduk sebesar: 25.449 jiwa.

9. Kelurahan Tunjungsekar.

Jumlah penduduk sebesar: 15.914 jiwa.

10. Kelurahan Tasikmadu.

Jumlah penduduk sebesar: 6.502 jiwa.

11. Kelurahan Tunggulwulung.

Jumlah penduduk sebesar: 8.543 jiwa.

12. Kelurahan Tlogomas.

Jumlah penduduk sebesar: 19.826 jiwa.

TOTAL jumlah penduduk se Kecamatan Lowokwaru Kota Malang adalah: 198.839 jiwa.

Sumber: data resmi BPS Kota Malang / 2021. Update data setiap tahun. **