5 Cara Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

JurnalMalang [15/11/21], IPTEK - Laptop merupakan produk elektronik yang bisa berumur panjang jika dirawat dengan baik. Untuk itu Anda perlu tahu cara merawat laptop yang baik dan benar, supaya produk ini bisa dipakai lebih awet dan tidak mudah rusak.

5 Tips Merawat Agar Laptop Panjang Umur  

Ada banyak sekali merek laptop yang bisa Anda beli, merk apapun dari laptop Anda ketahanannya tergantung dari perawatan yang dilakukan. Untuk itu jangan sekali-sekali mengabaikan perawatan laptop ya, apalagi jika laptop digunakan setiap hari. Bagi Anda yang ingin mengetahui cara merawat laptop baru beli ataupun laptop lama, berikut ini beberapa tipsnya. 

Jangan Gunakan Berlebihan

Cara menjaga laptop agar tidak lemot adalah dengan menggunakan laptop semestinya saja, jangan berlebihan. Anda harus memberikan waktu jeda atau istirahat pada laptop. Barang elektronik ini tidak baik jika digunakan terus-menerus tanpa istirahat. 

Mengistirahatkan laptop adalah solusi yang tepat untuk membuat komponen-komponen di dalamnya menjadi lebih dingin. Karena jika komponen di dalam laptop panas terus-menerus, bisa saja berbahaya bagi laptop. Paling tidak, Anda bisa mengistirahatkan laptop selama setengah jam untuk penggunaan 3 sampai 4 jam. 
Selain itu jangan pernah menggunakan laptop sampai baterainya benar-benar kosong. Harus mencharger laptop sebelum angka baterainya masuk ke angka 0%. Kebiasaan buruk membiarkan baterai laptop sampai benar-benar habis akan membuat umur baterai itu sendiri jadi lebih cepat rusak. Charger laptop sampai penuh Jangan biarkan proses mengecas tetap dilakukan saat baterai dalam kondisi penuh.

Mematikan Laptop Dengan Prosedur Yang Benar
Cara merawat laptop selanjutnya yang perlu Anda ketahui dengan mematikan laptop menggunakan prosedur yang benar. Hal ini membantu agar laptop Anda tetap awet dan tidak mudah rusak. Yang tidak boleh dilakukan saat mematikan laptop adalah dengan menekan tombol power secara langsung.
Anda bisa mematikan laptop dengan klik shutdown terlebih dahulu sehingga laptop akan dimatikan secara perlahan oleh sistem. Laptop yang dimatikan langsung lewat tombol powernya akan membuat kerusakan pada bagian processor. Prosesor yang mengalami kerusakan tentu membuat Anda harus mengeluarkan banyak biaya untuk perbaikan laptop. 

Setelah mematikan laptop yang digunakan cukup lama, maka jangan langsung ditutup. Karena permukaan keyboard  yang panas dapat mengenai LCD laptop secara langsung. Ternyata hal ini bisa membuat layar LCD laptop lebih mudah rusak akibat panas udara yang dikeluarkan pada permukaan keyboard. Setelah dimatikan, Anda bisa memberikan jeda selama beberapa menit agar suhu keyboard jauh lebih dingin baru kemudian Anda dapat menutup laptop.

Lakukan Pembersihan Secara Rutin
Apa jadinya perawatan suatu produk elektronik tanpa adanya pembersihan secara rutin? Anda wajib membersihkan laptop minimal 1 minggu sekali, agar terhindar dari debu debu yang menempel pada komponen laptop. Terlalu banyak debu di laptop ternyata bisa membuat kinerja laptop jadi semakin lambat dan membuatnya cepat panas.

Komponen laptop yang harus dibersihkan adalah bagian keyboard, LCD dan juga lubang sirkulasi udara. Dengan pembersihan secara rutin, maka Anda bisa menghindari debu dan kotoran yang mengendap. Bersihkan laptop menggunakan semprotan udara, sementara untuk bagian LCD bisa membeli cairan khusus untuk membersihkan LCD.

Jauhkan Laptop Dari Makanan Dan Minuman
Barang-barang elektronik seperti laptop harus dijauhkan dari benda-benda yang berpotensi tinggi untuk membuat produk ini rusak. Seperti misalnya makanan dan minuman. Saat bekerja dengan menggunakan laptop, usahakan jangan makan dan minum dekat barang elektronik ini. Cipratan minuman dan juga lemak makanan bisa membuat laptop menjadi kotor. Jika minuman dan makanan berkuah sampai tumpah ke laptop, tentu akan berpotensi tinggi membuat laptop jadi cepat rusak. Terlebih pada laptop cukup banyak bakteri yang tersimpan. Makan dan minum sambil menggunakan laptop tentu adalah hal yang tidak higienis. 

Simpan di Tempat Yang Tepat
Salah satu hal terpenting dalam merawat laptop dengan memperhatikan tempat penyimpanan laptop. Anda harus memperhatikan tempat meletakkan laptop setelah laptop tidak digunakan lagi untuk bekerja pada siang hari. Anda perlu memilih tempat penyimpanan laptop dengan keadaan benar-benar kering dan tidak terasa lembab serta Anda dapat meletakkannya pada permukaan yang datar.

Hindari meletakkan laptop pada suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin dan jangan  pernah meletakkan laptop di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung. Jangan meninggalkan laptop di dalam mobil yang terparkir saat cuaca sedang panas. Karena bisa merusak komponen luar dari laptop ketika terpapar matahari dari luar kaca mobil. Anda juga harus menjauhkan laptop dari peralatan yang punya medan magnet kuat, seperti misalnya TV atau kulkas. Dan hal paling penting tetapi sering diabaikan banyak orang adalah meletakkan handphone dekat laptop saat keduanya aktif, hal ini sangat tidak dianjurkan ya.

Dari banyaknya merek laptop di Indonesia, Asus merupakan salah satu merk laptop dengan peminat cukup banyak. Jadi bagi Anda para pengguna laptop dari brand ini harus mengetahui cara merawat laptop Asus yang tepat, ya. 

Kini tentu Anda sudah tahu bagaimana cara merawat laptop yang tepat untuk membuat produk elektronik ini tetap bisa digunakan setiap hari dalam jangka waktu yang lebih panjang. Bagi Anda yang ingin membeli laptop, maka bisa mendapatkan produk berkualitas baik dari marketplace terbaik Blibli.com. Blibli menjual berbagai merk laptop dari brand terbaik dengan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan produk laptop dengan penawaran harga terbaik maka bisa mendapatkannya di Blibli. Jangan lewatkan pembelian laptop di Blibli dengan promo dan diskon menarik setiap harinya. **