Pelajar Kota Malang "Serbu" Lomba Pidato yang Digelar Garda Pancasila

Ratusan pelajar dari berbagai sekolah di kota Malang ikuti Lomba Pidato Garda Pancasila
Malang Kota - Lomba Pidato Tingkat Pelajar SMA sederajat se-Kota Malang yang digelar Garda Pancasila Kota Malang, berlangsung meriah dan dihadiri ratusan pelajar SMA dan SMK kota Malang. Ajang lomba pidato terbesar yang pernah diadakan di kota Malang ini dilaksanakan di Aula Utama Kantor Dinas Perpustakaan Umum & Arsip Kota Malang, pada minggu 09 September 2018 dari pagi hingga pukul 16.00 WIB.

Antusiasme generasi muda mengikuti rangkaian acara
Baik peserta maupun suporter pelajar antusias mengikuti dari rangkaian pertama acara yang diawali dengan bersama Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Pelafalan teks Pancasila, Mengheningkan Cipta, Laporan Panitia serta Sambutan Ketua Garda Pancasila Drs. Peni Suparto, M.AP. Yang menarik, acara ini dipandu oleh MC dari pelajar SMKN 7 Kota Malang serta kepanitian dilaksanakan oleh generasi muda kota Malang yang bergabung dalam organisasi Garda Pancasila Kota Malang.

"Selain untuk memeriahkan perayaan HUT Kemerdekaan RI yang ke 73, acara ini juga dalam rangka memotivasi pelajar kota Malang untuk tampil dalam ajang kompetisi yang positif dalam meraih prestasi, menuju terciptanya generasi emas kebanggaan Bumi Arema." ujar Pangesty mewakili panitia dalam laporan pembukaannya.

Ketua Garda Pancasila Drs. Peni Suparto, M.AP memberikan motivasi kepada pelajar kota Malang
Sementara Drs. Peni Suparto, M.AP memberikan dukungan dan motivasinya kepada seluruh peserta dan hadirin agar selalu memiliki semangat untuk tampil, meraih prestasi dan tiada henti untuk belajar menjadi pelajar yang cerdas dan bermanfaat untuk bangsa dan negara. "Saya sangat mendukung kegiatan seperti ini, bagus untuk pengembangan potensi pelajar kota Malang, karena masa depan bangsa tergantung pada generasi muda. Ingat, Malang di masa dahulu mencetak banyak pemimpin besar, dari Sang Rajasa, Kertangera hingga pendiri Majapahit Raden Wijaya. Mereka sejak muda sudah membangun sejarah, yang dikemudian hari menjadi modal integrasi Nusantara." ujar mantan Walikota Malang 2 Periode yang akrab dipanggil ebes Inep ini. Pada saatnya, lanjut ebes Inep, generasi muda kota Malang akan menjadi pemimpin dari kancah lokal, regional hingga nasional.

Salah satu peserta dari SMKN 13 Malang kelahiran Papua ikut tampil membawakan pidato tentang Persatuan untuk NKRI
Berdasarkan penjelasan Panitia, lomba ini targetnya diikuti 25 peserta, namun yang daftar hampir 100 orang pelajar se kota Malang. Berhubung terbatasnya waktu dan tempat maka diterima hanya 46 peserta  dengan konsekwensi pengurangan durasi waktu yang seharusnya maksimal 10 menit per peserta.

Aula utama Perpuskota yang terletak di jalan besar Ijen tersebut penuh dan meriah dengan sorak yel-yel kelompok pelajar yang hadir mendukung jagonya masing-masing.. Pembawa Acara yang mampu menghidupkan suasana mempersilahkan satu persatu peserta lomba maju menyampaiakn pidatonya, yang langsung dinilai secara tetutup oleh 3 orang juri dari unsur Guru dan Komunitas Penulis.

Peserta dari SMA Nasional Malang paling semangat
Acara yang berlangsung meriah tersebut berlangsung hingga pukul 15.30 WIB dan dilakukan rapat dewan juri. Usai juri melakukan rekap nilai dan rapat, akhirnya diumumkan nama para Juara , terdiri dari juara 1, 2, 3, Juara Harapan 1, 2, 3 dan 10 orang pemenang Juara Favorit. Pada saat itu juga diberikan hadiah Uang Tunai, Trophy, Piagam kepada peserta juara yang berikan langsung oleh ketua Garda Pancasila. Selain itu, juga diumumkan 3 kelompok Suporter pendukung termeriah.

Peserta asal SMK NMC dan juga SMKN 13 paling menggelegar dalam berpidato
Berikut ini Daftar Peraih Juara dan Suporter Pendukung Terbaik dalam Lomba Pidato Tingkat Pelajar Se-Kota Malang Minggu, 9 September 2018 di Aula Utama Kantor Perpustakaan Umum Kota Malang:

Juara 1 (Hadiah Tropy, Piagam dan Uang tunai Rp 2.000.000,-)
Intan Septi Indriani (SMKN 03 MLG)
Juara 2 (Hadiah Tropy, piagam dan uang tunai Rp 1.500.000,-)
Febrian Ananta (SMKN 12 Malang)
Juara 3 (Hadiah tropy, piagam dan uang tunai Rp 1.000.000,-)
Angel Laura Putri (SMA N 04 Malang)

Ketua GP ebes Inep menyerahkan hadiah
Juara Harapan 1 (Hadian tropy, piagam dan uang tunai Rp 700.000,-
Wafiq Zuhru Fiana (SMK Nasional Malang)
Juara Harapan 2 (Hadiah tropy, piagam dan uang tunai Rp 500.000,-)
Mar'atus Sholiha (SMKN 3 Malang)
Juara Harapan 3 (Hadiah Tropy, piagam dan uang tunai Rp 250.000,-)
Dimas Rizky Raditya (SMK National Media Center / NMC Malang)

Bangga mengharumkan nama sekolah dan kota Malang
Juara Favorit (Masing-masing mendapatkan hadiah trophy, piagam dan uang tunai Rp 100.000,-)
1. Annisya Chynhia (SMKN 3 Malang)
2. Yudita Marice Finataba (SMKN 13 Malang)
3. Devi Alfitri Dhamayanti (SMK Muhammadyah 2 Malang)
4. Hefni Abdullah (SMK Sriwedari Malang)
5. Azzahro Maulidiah (SMK Baitul Makmur Malang).
6. Ayu DIan Tri Lestari (SMKN 9 Malang)
7. Angeli Ade (SMK Farmasi Maharani Malang)
8. Bayu Aji Anjasmara (SMKN 7 Malang)
9. Catrin Cornelia (SMA Nasional Malang)
10. Sofia Jeni Agustina (SMK PGRI 3 Malang).

SMA Nasional Malang paling semangat tampil
Pemenang Suport pendukung terbaik dan paling kompak adalah:
1. SMK NMC Malang
2. SMA Nasional Malang
3. SMK Baitul Makmur Malang
(Masing - masing tim mendapatkan uang Rp 100.000,-)
Piala bukanlah tujuan utama, yang terpenting pengalaman berharga, proses dan semangat untuk meraih cita-cita

Subscribe to receive free email updates: