PKDI Malang Ajak Masyarakat Peduli Kucing Domestik

10 tahun PDKI suarakan kepedulian terhadap kucing domestik, dan hak - hak hewan umumnya / ist

JurnalMalang, Klojen Kota Malang - Sebuah Komunitas pecinta kucing yang sering menyuarakan hak-hak dasar hewan, Perkumpulan Kucing Domestik Indonesia (PKDI) Malang baru-baru ini menyelenggarakan kegiatan Gathering dan Fun Education pada hari Minggu (23/6/2024).

Pada Minggu pagi mulai pukul 06.00 WIB, di arena Car Free Day (CFD) Ijen Bulevar ini para aktivis pecinta kucing ini selain terus menyuarakan hak dasar hewan, bagaimana contoh cara merawat kucing oleh para relawan, juga mengadakan acara sebagai bagian dari memeriahkan peringatan ulang tahun PKDI yang ke 10. Organisasi tersebut merupakan komunitas non profit yang hadir sejak 28 Juni 2014 silam.

Komunitas yang aktif menjalin komunikasi internal melalui WA Group ini, menjelaskan bahwa mereka tersebut aktif merawat dan melindungi kucing domestik yang terlantar, dan pada acara pagi ini menggalang tanda tangan masyarakat untuk banner bertajuk "AKU PEDULI, AKU TIDAK MENYAKITI".

Bagi para anggota PKDIM, penting bagi masyarakat untuk peduli pada hewan terutama kucing domestik, bahwa hewan tersebut merupakan makhluk yang punya rasa, sedih, takut, kecewa, maupun bahagia. Sehingga kita semua harus menghargai keberadaannya, dan haknya untuk hidup damai berdampingan dengan makhluk lainnya.

Mengutip pemberitaan WP, dikatakan tujuan kegiatan ini dijelaskan, "agar pengunjung CFD menyadari kucing domestik memiliki perasaan sama dengan manusia, sehingga tidak sepatutnya disakiti meski tidak menyukai. Edukasi tersebut kami lakukan dengan membawa anak hewan yang dulu terlantar dan kini telah bertransformasi setelah disayangi dan diupayakan hak sejahteranya," ujar salah satu penyelenggara, sebagaimana yang disampaikan tertulis pada media ini, Minggu 

Disampaikan juga, mengedukasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa kucing bukan benda tidak berperasaan. Melainkan, sesama makhluk hidup yang juga memiliki rasa dan berhak mendapatkan kasih sayang dan perlakuan yang layak sama seperti manusia.

Meriah, acara gathering dan edukasi untuk pengunjung car free day jalan Ijen Kota Malang 

Kemeriahan acara PKDI Malang di arena CFD Ijen ini karena bersifat interaktif. Masyarakat bisa langsung melihat bahkan belajar bagaimana cara memenuhi hak hak kucing domestik, merawat dan steril kucing.

Ke depannya PKDI M akan terus menjalankan programnya, membentuk jejaring antar anggota agar bisa saling bantu, dan meningkatkan awareness di kalangan masyarakat mengenai hak-hak hidup kucing. (wp/jm). **