Mengenal Jenis-Jenis Yoga dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Ilustrasi : Sumber @Yoga /IG

JurnalMalang - Yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang dikenal punya segudang manfaat, tidak hanya bagi fisik tetapi juga mental para pelakunya. Manfaat yang bisa didapat dari yoga sendiri beragam bergantung pada jenisnya.

Beberapa jenis yoga dapat membantu Anda merasa rileks, menjaga tubuh agar tetap bugar, menghilangkan stres, hingga membakar banyak kalori. Sementara itu, beberapa jenis yoga lainnya berguna untuk memperkuat tubuh dan meningkatkan fleksibilitas.

Jenis-Jenis Yoga Serta Manfaatnya

Sebagai salah satu jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk meraih manfaat kesehatan tertentu, ada berbagai jenis Yoga yang bisa Anda pilih sebelum memutuskan untuk mengikuti kelas yoga di pusat kebugaran terdekat.

Yoga Hatha

Dalam bahasa Sanskerta, kata Hatha berarti kekuatan yang berhubungan dengan aspek fisik yang memang ada dalam praktiknya. Yoga Hatha adalah induk dari segala praktik yoga yang Anda kenal saat ini. Kelas yoga ini biasanya punya tempo yang lambat dan lembut sehingga cocok untuk pemula yang baru berkenalan dengan dunia yoga. Kelas ini juga cocok untuk para Yogi karena dapat membuat Anda mengingat kembali dasar yang selama ini mungkin kurang diperhatikan selama ini. Selain untuk memperkuat tubuh, jenis yoga ini cocok untuk meningkatkan fleksibilitas.

Yoga Vinyasa

Jenis yoga yang satu ini mengharuskan Anda untuk mengkoordinasikan pernapasan dengan gerakan yang Anda lakukan. Jenis yoga ini juga menekankan pada terbentuknya perpindahan pose yang mulus dari gerakan satu ke gerakan berikutnya sambil menghirup dan menghembuskan napas. Hal ini cocok dengan arti harfiah dari Vinyasa yaitu "koneksi".

Pose dan kecepatan gerakan yoga Vinyasa biasanya berbeda-beda tergantung pada instruktur yoga yang melatih. Jadi, jika Anda terbilang masih pemula, maka Anda harus mencari kelas yang lebih lambat sebelum beralih ke kelas yang lebih cepat. Latihan ini berfungsi untuk membangun kekuatan badan, meningkatkan daya tahan jantung, hingga meningkatkan keseimbangan dan kelincahan.

Yoga Iyengar

Berbeda dengan gaya yoga Vinyasa yang menekankan pada aliran gerakan satu ke gerakan lainnya, yoga Iyengar lebih berfokus pada keselarasan dan ketepatan gerakan. Setiap pose dalam gerakan yoga ini terbilang intens dan harus ditahan dalam waktu yang cukup lama sembari mengatur pernapasan.

Yoga Iyengar mengandalkan banyak properti seperti tali, blok, hingga selimut. Jenis yoga ini cocok untuk Anda yang menyukai detail dan mempelajari pose tertentu secara intens. Kelas yoga ini juga cocok untuk Anda yang sedang cedera atau memiliki masalah kesehatan kronis karena dapat mengakomodasi segala bentuk keterbatasan dan membuat Anda menjadi stabil, fleksibel, dan juga kuat.

Yoga Bikram

Jika Anda memutuskan untuk mencoba aliran yoga yang satu ini, bersiaplah untuk banjir keringat seusai latihan. Yoga ini biasanya dilakukan dalam sebuah ruangan yang telah ditingkatkan suhunya hingga mencapai 40 derajat Celcius dan memiliki tingkat kelembapan hingga 40%.

Karena jenis yoga ini merupakan cabang dari gaya yoga Vinyasa, maka selama sesi praktik, Anda akan berlatih mengkoordinasikan antara gerakan yoga dengan pernapasan. Penemu jenis yoga ini, Bikram Choudhury, membuat urutan 26 postur yang dipercayanya dapat membawa perubahan pada setiap bagian tubuh, mulai dari otot, nadi, ligamen, hingga organ.

Jenis-jenis latihan yoga di atas akan lebih bermanfaat saat dipraktikkan dengan urutan yang benar dan menggunakan peralatan pendukung yoga yang tepat. Anda bisa membeli peralatan tersebut di toko olahraga konvensional maupun secara online melalui distributor resmi di e-commerce.

Salah satu distributor terpercaya yang menjual peralatan yoga adalah Lululemon. Lululemon bekerja sama dengan e-commerce terpercaya di Indonesia seperti Blibli yang tidak hanya menghadirkan produk orisinal, tetapi juga berbagai penawaran menarik seperti promo potongan harga, kupon gratis ongkos kirim, hingga jasa pengiriman yang cepat. **