KEMENDES PDTT AJAK DEPARTEMEN PLS UM BANGUN DESA MELALUI LAYANAN SDG’S CENTER


MALANG – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mengajak sivitas akademika Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Malang (PLS UM) membangun desa lewat layanan Sustainable Development Goals (SDGs) Center.

Hal itu disampaikan oleh Mendes PTT, Abdul Halim Iskandar dalam Seminar Nasional Prodi S2 dan S3 PLS UNM bertajuk “Optimalisasi Fungsi Pendidikan Nonformal dalam Mewujudkan Inovasi Desa Inklusi dan Mandiri menuju Desa yang Bermartabat”, yang berlangsung secara hybrid di Gedung Aula A20, UM, Sabtu (10/9/22).

“Partisipasi dari Jurusan PLS ini sangat dibutuhkan untuk peningkatan SDM di desa. Bila perlu,  UM harus segera membentuk SABer (Sekretariat Aksi Bersama) untuk layanan SDG’s Center,” ujarnya.

Selain Mendes PDTT, kegiatan ini juga menghadirkan pembicara seperti Anggota Komisi X DPR RI, Muhammad Kadafi dan tokoh akademisi, Zulkarnain yang juga merupakan Ketua Departemen PLS FIP UM.

Zulkarnain menyebut perlu untuk mendorong karya ilmiah terkait pengembangan desa, pelatihan dan pemberdayaan masyarakat desa. Dirinya mengatakan bahwa pemberdayaan merupakan bentuk pendidikan.
Sementara itu Anggota Komisi X DPR RI, Muhammad Khadafi menambahkan bahwa setiap desa memiliki potensi lokalnya masing-masing dan bisa menjadi ide pemberdayaan.

“Jangan sampai culture desa berubah. Desa harus menjadi daya tarik baru bagi wisatawan. Di sini peran mahasiswa PLS juga sangat dibutuhkan utamanya untuk menganalisis apa yang bisa dikembangkan di desa dan menggunakan teknologi  untuk membantu percepatannya”, pungkasnya.

Adapun kegiatan yang dibuka langsung oleh Rektor UM, Rofi’uddin ini dihadiri oleh 250 orang secara luring dan 300 orang secara virtual. Nantinya peserta yang tergabung dalam call for paper akan dipublikasi ilmiah dalam Prosiding Nasional ber-ISBN. Sementara itu artikel pilihan akan diterbitkan dalam Jurnal Nasional terakreditas SINTA. **