Sering Keliru, ini Perbedaan Hijab dan Pashmina

Ilustrasi hijab / pexelscom

JurnalMalang, Mode & lifestyle - Hijab dan pashmina sudah umum digunakan oleh para wanita muslim untuk menutupi bagian kepala. Hal ini menyebabkan kesalahan persepsi mengenai hijab dan pashmina. Hijab dan pashmina seringkali diartikan sama oleh banyak orang, terutama kaum hawa. Namun, hijab dan pashmina ternyata berbeda.

Agar tidak membingungkan Anda, pada artikel ini akan diulas beda hijab dan pashmina. Hal ini penting agar ketika Anda membeli hijab atau pashmina Anda dapat mencari sesuai preferensi Anda. Mari simak ulasan perbedaan hijab dan pashmina berikut ini.

Pengertian Hijab

Hijab dalam bahasa Arab memiliki banyak makna, salah satunya yaitu penutup atau menutupi. Dimana hijab merupakan kain berbentuk segiempat yang pada umumnya berukuran 110 cm x 110 cm sampai 150 cm x 150 cm. Hijab atau lebih banyak menyebut jilbab ini memiliki banyak model, warna dan motif. 

Hijab saat ini sangat melekat dengan wanita muslim dimanapun berada. Hijab digunakan untuk menutup aurat pada wanita supaya tidak terlihat oleh lawan jenis atau dari laki-laki yang bukan mahramnya. 

Penggunaan hijab ini sudah banyak dikreasikan seiring berkembangnya zaman. Banyak model-model yang membuat penggunanya tampak cantik dan anggun. Untuk acara yang berbeda, style hijab yang digunakan pun akan berbeda. Sehingga sampai saat ini sudah banyak tutorial penggunaan hijab yang cantik-cantik.

Pengertian Pashmina

Pashmina adalah bagian dari hijab yang juga berfungsi menutupi dan melindungi kepala dan aurat wanita muslimah. Dimana pashmina berupa kain yang panjang mirip syal namun memiliki lebar yang cukup untuk dipasang di wajah.

Pashmina juga memiliki banyak macam jenis dan motif. Ada yang polos dengan berbagai jenis kain. Ada yang motif dan dengan berbagai pilihan warna. Anda bisa memilih menggunakan hijab segiempat atau pashmina. Keduanya memiliki fungsi yang sama namun ada beberapa orang lebih suka menggunakan pashmina dibandingkan hijab.

Perbedaan Pashmina dan Hijab yang Wajib Diketahui

Setelah mengetahui pengertian Hijab dan pashmina, berikut ini beberapa perbedaan hijab dengan Pashmina yang harus Anda ketahui:

1. Memiliki Bentuk yang Berbeda

Hijab umumnya berbentuk segiempat digunakan anak sekolahan karena bersifat formal. Bentuknya yang segiempat ini membuat hijab banyak dijadikan sebagai jilbab wajib di setiap sekolah. Selain di sekolah, hijab juga dijadikan sebagai jilbab komunitas-komunitas formal tertentu. Seperti contoh untuk guru-guru, ibu-ibu pengajian, ibu-ibu arisan dan lainnya. Selain dari sifatnya yang formal, bentuk hijab yang segiempat juga sangat simpel yaitu setelah dilipat menjadi segitiga dipasang dan dicocokkan di wajah, maka otomatis dada dan bagian belakang akan tertutup dengan rapi.

2. Ukuran Berbeda

Beda hijab dan pashmina yang selanjutnya adalah perbedaan ukuran antara hijab dan pashmina. Hijab yang khas dengan ukurannya yang segiempat dan pashmina dengan panjang yang mirip syal ini tentu berbeda. Selain berbeda ukuran banyak wanita juga membedakan 

Ukuran hijab segiempat ada 3 atau lebih pilihan, pertama 110 cm x 110 cm dan 115 cm x 115 cm sering digunakan anak-anak sekolah umum, ada ukuran 130 cm x 130 cm digunakan anak sekolah di pondok pesantren, kemudian ada yang memiliki ukuran 150 cm x 150 cm atau lebih yang digunakan untuk ustazah-ustazah di pondok pesantren. 

Di pondok pesantren anak-anak biasanya akan dilarang untuk menggunakan pashmina karena tidak sempurna menutupi aurat. Sehingga diwajibkan menggunakan hijab. 

Ukuran pashmina yang panjang seperti syal ini umumnya dipandang tidak membuat anak-anak sekolah belajar menutup aurat dengan baik. Sehingga penggunaan pashmina di sekolah dilarang.

3.Cara Mengkreasikan

Hijab segiempat mudah dikreasikan menjadi pilihan hijab apapun. Hijab Segiempat bisa Anda lipat menjadi dua dan bisa dibentuk mirip pashmina, sehingga jilbab ini lebih banyak digunakan oleh anak-anak sampai dewasa. 

Untuk pashmina, meski penggunaannya simpel, Anda hanya bisa mengkreasikannya menjadi hijab pashmina saja. Meski sekarang sudah banyak tutorial yang mencontohkan cara menggunakan jilbab pashmina dengan mudah. Namun tetap saja ada beberapa orang merasa lebih simpel menggunakan hijab segiempat dibandingkan pashmina.

4. Keunggulan 

Hijab segiempat saat ini sudah mulai dikembangkan sebagai fashion yang tak kalah populer dari fashion lainnya. Saat ini sudah banyak variasi kain hijab segiempat yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda, sehingga mudah dibentuk dan tidak mudah kusut. Hijab segiempat dapat digunakan di berbagai acara formal, semi-formal, atau non-formal.

Adapun keunggulan dari pashmina adalah penggunaan peniti yang lebih sedikit, karena memanfaatkan ukuran panjangnya untuk meminimalisir penggunaan peniti yang berlebih dan antikusut. Selain itu, menggunakan pashmina memberikan dampak wajah terlihat lebih penuh atau tirus, tergantung titip pelipatan pada sisi wajah.

Demikian ulasan mengenai beda hijab dan pashmina yang dapat dirangkum. Hijab maupun pashmina memang memiliki fungsi yang sama, namun ada beberapa perbedaan yang membedakannya. Mengetahui perbedaan hijab dan pashmina akan memudahkan Anda dalam menentukan preferensi Anda.

Untuk hijab segiempat dengan berbagai bahan, motif, dan ukuran dapat Anda peroleh dengan mengunjungi link Blibli di atas. Tidak hanya harga yang terjangkau, namun produk yang ditawarkan berkualitas dan termasuk produk-produk premium.

Blibli adalah perusahaan online yang terdiri dari berbagai jenis toko yang meliputi toko fashion, elektronik, aksesoris, dan toko-toko lainnya. selain promo menarik, Blibli juga menjamin kenyamanan dan keamanan konsumen dalam pembayaran dan kepuasan pelanggan. Jadi tunggu apalagi? Ayo koleksi hijab segi empat kesayanganmu di Blibli, e-commerce yang terpercaya dan aman. **