Memahami Psikologi Pasar Crypto dari Kasus "Metapolis" Koin Zilliqa


JurnalMalang, CryptoAnalis - Beberapa hari ini bursa Cryptocurrency diramaikan oleh fenomena "moncer-redupnya" koin Zilliqa atau #ZIL. Banyak pemain yang berhasil untung besar namun yang rugi parah juga tidak sedikit.

Mereka yang untung adalah yang berhasil mengambil selisih dari beli murah - jualnya mahal. Yang buntung sebaliknya. Kondisi ini dapat terjadi pada situasi "panik"untuk buy-sell, karena pergerakan naiknya harga sangat cepat. Misalnya, saat ada orang masih membeli karna harga yang terus melesat seolah tak henti, seketika harga terjun bebas: dijual rugi, tidak dijual dana nyangkut dalam waktu yang tak pasti.

Berawal dari rumor. Bahwa Zilliqa sedang membangun proyek besar yang disebut #Metapolis. Proyek ini akan menghubungkan masyarakat global dalam 'realitas virtual' metaverse yang amat futuris. Produk tersebut akan dilauncing di Miami, Amerika Serikat pada 2 April 2022 malam waktu USA.

Masyarakat kriptopun mulai heboh. Pamor koin #ZIL naik. Tak dielakkan, rumor ini membuat jutaan trader di berbagai negara, termasuk Indonesia, memborong koin ini, disaat harganya masih diangka IDR1.000,an. Harga makin naik tetap saja diburu dengan harapan akan terus naik lagi.

Lima hari sebelum launcing Metapolis, koin #ZIL meroket hingga RP 3.030, per koin. Volume transaksi di Indodax misalnya, menyentuh angka Rp 100an Milyar hanya dalam 24 jam. Padahal ada puluhan exchange di Indonesa dan lebih banyak lagi di luar negeri. Miliaran $ USD uang berputar secara global di tengah gorengan proyek #Metapolis.

Apa yang terjadi ketika tiba saatnya peluncuran #Metapolis di Miami, Florida USA?

Beberapa jam menjelang acara Miami, harga #ZIL malah anjlok. Ini membingungkan. Sehari sebelum acarapun harga sudah mulai turun, dari grafik stabil 2.900IDR, turun ke 2.700 (banyak trader spekulasi memborong dengan harapan naik kembali saat launcing) tetapi terus turun ke 2.600 dan bersamaan dengan acara Miami harga koin terpuruk di 2.300an IDR. Saat ini ditulis, harga #ZIL merana di kisaran Rp 2.250,an.

Psikologi Pasar

Dunia trading crypto sebetulnya tidak jauh berbeda dari bursa saham dan dunia pasar pada umumnya. Rumor yang berhasil dihembuskan dengan meyakinkan akan langsung berdampak pada respon pasar. Animo, gairah konsumen yang akhirnya membeli. 

Apalagi rumor yang mampu dijelaskan secara rasional dan produk tersebut sedang menjadi tren. Bahwa tema metaverse dan NFT sedang naik daun saat ini. Zilliqa merupakan salah satu koin kripto yang ambisius mengembangkan metaverse, dan terdaftar di banyak exchange global. 

"Info" launcing "proyek baru" dan #Metapolis adalah hal yang langsung menghentak benak pemain crypto. "Rumor akan ada proyek baru ambisius" jauh lebih berefek psikologis dibanding momen acara launcing itu sendiri.

Rumor mendingin jelang launcing dan beku saat acara launcing dipublis oleh beberapa influenser. Bahkan, banyak hujatan yang mengatakan bahwa acara Miami hanya seremonial kecil, minim berita, acara yang tidak sesuai ekspektasi publik. Tidak ada live streaming, tidak ada tokoh besar yang presentasi seperti Elon Musk sebagaimana hal yang tren di film-film futuris hollywood.

"After the event we will announce something special that will be taking place for the community. Much appreciation to you all, and a big hello to all newcomers into our ecosystem! #wearetheparty," tulis @sandra_tlibe, head of metaverse & NFT Zilliqa melalui twitter. Sandra menjelaskan bahwa akan ada pengumuman "istimewa" setelah even Miami.

"Penonton" kecewa. Akun medsos Zilliqa belum menayangkan apa-apa terkait metapolis yang barusaja diluncurkan, melainkan sebatas retwet cuitan Sandra, tim dan pendukungnya. Orang lalu membandingkan dengan koin serupa yang mengusung teknologi Metaverse, seperti SANDbox, Gala dan Mana Decentraland. Juga Facebook yang sangat ambisius membangun dunia virtual baru.

"Rumor cenderung memicu animo pasar. Tapi situasi akan kembali normal takkala rumor itu menjadi kenyataan," analisis pakar kripto yang kemudian terbukti benar.

Rumor seringkali jadi momentum sesaat. Dahsyat tapi sementara. Sementara event-proyek tidak selalu berhasil jadi momentum namun strategis untuk fundamen jangka panjang.

Artinya, 'rumor' lebih berefek secara jangka pendek, namun tidak dengan fakta. Sehingga banyak yang meyakini, jatuhnya harga ZIL saat launcing ini hanya bersifat sementara. Secara jangka panjang #ZIL memiliki prospek yang bagus dan akan berada di jajaran koin cryto papan atas. Mari kita tunggu saja. **

#AnalisaCrypto #BelajarCrypto #ZIL koin Zilliqa