Mahasiswa UMM Temukan Inovasi Pengelolaan Limbah Pasar Hewan Di Desa Kaliwungu (Ngunut) Sebagai Bahan Pupuk Kandang


JurnalMalang, Tulungagung – Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Bhaktimu Negeri Universitas Muhammadiyah Malang tengah berlangsung saat ini. Tak terkecuali lima orang mahasiswa yang tergabung dalam kelompok 31 PMM gelombang 8 tahun 2021.

Bertempat di Desa Kaliwungu Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung, kelompok ini mengusung tema peningkatan infrastruktur guna menciptakan lingkungan sehat pada masa pandemic. Salah satu program kerjanya yakni melakukan pengelolaan limbah pasar sebagai bahan pupuk kandang yang dilaksanakan pada Sabtu (3/7). 

Lima orang anggota mengumpulkan limbah yang berasal dari kotoran hewan di pasar hewan bertujuan sebagai bahan pupuk kandang. Hasil dari kegiatan ini dapat dilihat setelah satu bulan. 

Menurut Rapi, koordinator kelompok 31 PMM gelombang 28, “Kegiatan seperti ini masih jarang dilakukan sehingga akan memberikan dampak baik bagi lingkungan dan masyarakat sekitar,” Selain itu, kegiatan ini juga dilakukan dengan tujuan berbagi ilmu yang telah dipelajari anggota PMM kelompok 31 selama perkuliahan. 

“Menurut kami kegiatan ini sangat baik karena masih jarang yang peduli terhadap limbah pasar hewan di desa Kaliwungu dan kami bisa memanfaatkan ilmu kami untuk mengelola limbah pasar hewan tersebut sebagai bahan pupuk kandang. Sejatinya kegiatan PMM ini adalah mengimplementasikan ilmu yang sudah kami dapatkan di bangku perkuliahan dan menyampaikannya kepada masyarakat,” ujar salah satu anggota kelompok 31. 

Selain pengelolaan limbah pasar hewan ini, kedepanya ada beberapa program kerja yang bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat sekitar yang dilaksanakan kelompok 31. **