Bangkitkan Kembali Semangat Literasi, PMM UMM 37 Gel.9/2021 Kelola Perpustakaan SDN 01 Jombok, Ngantang


JurnalMalang - Revitalisasi semangat literasi di tengah pandemi diharapkan mampu membuat individu mengembangkan potensi dan skill yang dimiliki serta menambah wawasan. 

Akan tetapi, minat masyarakat Indonesia untuk membaca masih rendah. Faktor pendorong yang begitu besar yakni rasa malas, apalagi untuk anak tingkat Sekolah Dasar (SD) yang kebanyakan mahir menggunakan gadget.

Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Kelompok 37 Gelombang 9 tahun 2021 membantu kelola manajemen perpustakaan SDN 01 Jombok, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang. 

Inventarisasi telah dilakukan sejak 10 hari kemarin. Tak hanya perpustakaan, ruangan yang jadi satu dengan UKS dan penyimpanan alat drum band tersebut turut dirapikan pula. Kegiatan ini selesai siang tadi, Kamis (08/07) pukul 14.00 WIB.

 “Semoga SD ini (SDN 01 Jombok) bisa mendapat bantuan perpustakaan dari Dinas Pendidikan supaya lebih baik” tutur Kepala Sekolah SDN 01 Jombok, Bapak Kamisun.

Disamping mengungkapkan apresiasi, Kepala Sekolah yang sangat humble ini juga berharap kelak perpustakaan yang sudah mulai dikelola sedikit demi sedikit dapat berkembang dan meningkatkan semangat literasi siswa SDN 01 Jombok. 

*Restia D. Anggraeni