Berangkat dari Makam Bung Karno, Singgah di Keraton Yogya, Bus DPP KNPI akan Diluncurkan di Jakarta



Bus Pemuda Turanggaseta Start dari Bumi Proklamator, Singgah di Keraton Yogya dan Dilauncing Ketum Haris Pertama bersama para mantan Ketum DPP KNPI di Ibukota

JurnalMalang - Bus DPP KNPI resmi melakukan perjalanan menuju Jakarta tanggal 6 Juni 2021, start dari makam Proklamator Bung Karno diiringi acara kebudayaan yang meriah bersama pemuda dan rakyat. 

Walikota Blitar yang didampingi tokoh masyarakat dan kader-kader OKP resmi melepas keberangkatan Bus KNPI. Momen ini dimaksudkan mengambil spirit nasionalisme dan perjuangan Sang Proklamator yang sangat mendukung perjuangan pemuda Indonesia.

Bus yang diberi nama Turangga Seta tersebut akan singgah di Keraton Yogyakarta, bermakna bahwa pemuda menghargai sejarah dan budaya nusantara; dan akan melanjutkan cita-cita persatuan yang dirintis oleh leluhur nusantara. 

Setelah di Keraton, Bus KNPI akan ziarah ke makam bapak bangsa Hos Cokroaminoto, KH. Ahmad Dahlan (tokoh Pendiri Muhammadyah) dan makam Prof. Drs. Lafran Pane. Nama terakhir merupakan tokoh pendiri organisasi HMI tahun 1947. Haris Pertama merupakan kader HMI yang menjadi Ketua Umum DPP KNPI 2018-2021.

Bus Pemuda akan resmi diluncurkan pada acara Halal Bihalal Lintas generasi di Grand Sahid Jaya Hotel kawasan Sudirman DKI, pada 10 Juni 2021 dan resmi menjadi kendaraan operasional pemuda.

Lima rencana program strategis Bus Pemuda Turanggaseta adalah:

1. Mendukung aktifitas pemuda dan OKP di Ibukota, terutama yang menyangkut mobilisasi kaderisasi dan kegiatan sosial Jabodetabek.

2. Mendukung operasi bakti sosial KNPI untuk rakyat.

3. Mendukung mobilisasi eduwisata generasi/rakyat yang dibarengi dengan edukasi Indonesia Go Green.

4. Mendukung operasi kampanye protokol kesehatan dan kehidupan era new-normal.

5. Safari Kebangsaan.