Yon Zipur 10/2 Kostrad, Kuasai Uji Tanding Ton Tangkas Brigif Raider 9

Foto Dokumen Pendivif  2 Kostrad
Pendiv2 - Kesiapan Tim Peleton Tangkas (Ton Tangkas) Divisi Infanteri 2 Kostrad terus diasah kemampuannya, diantaranya melalui kegiatan Uji Tanding yang digelar di Brigade Infanteri Raider 9/2 Kostrad, Jember. Kegiatan yang dikuti oleh Satuan Yonif Raider 515/UTY, Yonkav 8/Tank dan Yonzipur 10/2 Kostrad ini dilangsungkan di Markas Brigif Raider 9/2 Kostrad,(8/10). 

Uji tanding ini melibatkan 2 Peleton dari masing-masing Satuan ini bertujuan untuk mempersiapkan satuan-satuan jajaran Divisi Infanteri 2 Kostrad untuk menghadapi lomba Ton tangkas Tingkat TNI-AD periode II tahun 2016. 

Ton Tangkas akan diikuti oleh seluruh Kodam dan Kotama, merupakan event bergengsi tingkat TNI AD yang akan mempertandingkan keterampilan dan kemampuan kemiliteran, baik dalam hubungan Peleton maupun perorangan. 

Hasil dari Uji Ton Tangkas ini sebagai tolok ukur dari pembinaan satuan sekaligus untuk mengukur tingkat kesiapan Peleton-peleton yang akan bertanding nanti. Dengan materi lomba yang meliputi Kesegaran Jasmani, Menembak Pistol dan Senapan, Ilmu Medan, Lintas Medan, dan Peraturan Militer Dasar (Permildas). 

Diharapkan dengan hasil ditingkat Brigade, satuan yang akan bertanding dapat mengevaluasi diri sebagai tolok ukur kesiapan satuan, hal ini dilakukan juga untuk memperoleh data kemapuan yang dimiliki Peleton-peleton tersebut. 

Dari hasil Uji Tanding ini, Batalyon Zipur 10/2 Kostrad berhasil mendapat Juara 1 dalam Tes Garjas A, Renmil dan Juara 2 Lintas medan. Sehingga hasil penilaian secara akumulatif, Yon Zipur 10/2 Kostrad unggul diatas satuan jajaran Brigif 9 Kostrad dan Yon Kav 8/Tank.

Sementara itu Komandan Batalyon Zipur 10/2 Kostrad, Mayor Czi Bayu Kurniawan, menjelaskankan bahwa disamping kesiapan mental dan fisik, dia juga bertanggung jawab pada moril dan semangat juang para prajuritnya. “Saat ini moril para prajurit masih terjaga dengan baik. Karena dengan moril yang baik akan sangat menentukan para para prajurit dalam laga tingkat AD nanti,” jelasnya. (Pendiv2/red1).

Subscribe to receive free email updates: