Info Seputar Malang dan Batu

Berikut ini adalah sekilas informasi penting seputar Malang Raya yang perlu diketahui. Malang Raya meliputi Kota Malang, Kota Batu dan Kabupaten Malang, dimana dulunya sebelum terjadi pemekaran ketiga daerah ini merupakan wilayah yang satu.


A. Sejarah Kelahiran Daerah (Kab. Malang-Kota Malang-Kota Batu)
  • Kabupaten Malang dinyatakan lahir pada tahun 760 (1.254 tahun yang lalu). Hal ini berdasarkan keberadaan Kerajaan Kanjuruhan yang diungkap oleh Prasasti Dinoyo yang berangka tahun 760 masehi. Peninggalannya adalah Candi Badut di Tidar.

  • Kota Malang lahir pada tanggal 1 April 1914, pada saat itu telah dinyatakan sebagai kota (gementee) yang berdiri sendiri. Tahun 2014 ini kota Malang merayakan ULTAH nya yang ke 100.

  • Kota Batu secara resmi lahir pada tanggal 21 Juni 2001. Sebelumnya Batu merupakan salah satu Kecamatan Kabupaten Malang.

B. Luas Wilayah dan Jumlah Penduduk

  • Luas wilayah Kota BATU hanya 202,800 KM2. Jumlah Penduduknya sekitar 200 ribu jiwa, yang tersebar di 3 Kecamatan, 19 Desa dan 5 Kelurahan. Cuaca kota Batu sangat dingin dan cocok untuk tempat rekreasi dan istirahat
  • Luas Kota Malang adalah 110, 06 Km2, dengan jumlah Penduduk sekitar 860 ribu jiwa, yang tersebar di 5 Kecamatan dan 57 Kelurahan. Kota Malang cukup padat, pada siang hari jumlah penduduknya bisa melebihi 1 juta jiwa.
  • Kabupaten Malang sangat luas yaitu 3.534, 9 Km2, dengan jumlah Penduduk  sekitar 2, 7 juta jiwa, yang tersebar di 33 Kecamatan dan lebih dari 400 Desa / Kelurahan. Ibukotanya adalah Kepanjen bagian selatan Malang.
C. Potensi Daerah
  • Kota Malang merupakan kota pendidikan dimana terdapat sekitar 50 Perguruan Tinggi dan ratusan ribu mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia. Kota Malang memiliki potensi pendidikan, sekolah-sekolah favorit, sektor perdagangan dan jasa serta wisata event. Kota Malang tidak memiliki wisata alam dan lebih mengandalkan wisata sejarah seperti Museum Brawijaya, pasar Burung Malang, wisata buatan Tarekot, wisata kuliner seperti Pulosari, Pasar Minggu Semeru dst dan wisata belanja berupa Mall-Mall seperti MOG, MATOS, Dieng Plasa, Plasa Gajahmada, Ramayana, Sarinah, Malang Plasa, Matahari, Plasa Araya serta yang sedang dibangun adalah Tower Dinoyo dan Blimbing. Malang juga sedang marak investasi apartemen dan perhotelan yang luar biasa gencar.
  • Kota Batu lebih mengandalkan bisnis perhotelan, usaha wisata alam maupun wisata buatan, perkebunan dan peternakan. Kota Batu minim lembaga pendidikan dan lebih mengandalkan sebagai kota pariwisata.
  • Kabupaten Malang lebih banyak pada aspek agro seperti pertanian, peternakan dan kelautan. Kabupaten Malang juga memiliki banyak potensi wisata alam pegunungan, coban dan pantai yang indah. Investasi di sektor wisata akan menjadi peluang yang menjanjikan di kabupaten Malang. Hanya saja di kabupaten Malang masih minim lembaga pendidikan tinggi da perhotelan. Dunia hiburan lebih terkonsentrasi di kota Malang.

Sejauh ini kota Malang menjadi salah satu kota pilihan bagi wisatawan domestik dan mancanegara. Juga merupakan tempat favorit bagi daerah kunjungan kerja, workshop kedinasan bagi daerah-daerah lainnya. Hanya yang penting diperhatikan di kota Malang adalah kemacetan lalulntas yang mulai tampak padat dan pembangunan ruko yang terlalu menghabisi ruang hijau....

Subscribe to receive free email updates: