Daftar SMP Swasta Pilihan dan Favorit di Kota Malang

Ilustrasi : Lomba Mengarang di kota Malang
JurnalMalang - Kualitas lembaga pendidikan di kota Malang cukup merata. Sekolah setingkat SMP juga demikian, bahwa SMP Swasta mampu bersaing sejajar bahkan lebih maju dari sekolah negeri. Keseimbangan kualitas ini tidak hanya menyangkut fasilitas dan laboratorium tetapi juga dalam hal SDM pengajar dan kualitas lulusannya.


Inilah daftar sekolah SMP Swasta di kota Malang yang harus diperhitungkan kualitas dan kompetensinya sebagai lembaga pendidikan SMP yang unggul:

1# SMPK KOSAYU
Sekolah ini terletak di tengah kota dan memiliki kualitas yang teruji sebagai lembaga yang berdiri lama. Kosayu berada di bawah manajemen Katolik, terletak di Jalan Simpang Borobudur dan Jalan Dr. Sutomo Malang -sekitar 1 KM dari pusat Kota Malang.

2# SMP LAB UM
Adalah SMP swasta yang berada dibawah manajemen langsung dari Perguruan Tinggi Negeri (Universitas Negeri Malang / UM) di kota Malang. Lokasinya di sebelah timur kampus UM, satu deretan dengan SD LAB. Sementara SMA LAB UM terletak di Jalan Arjuno dekat IKIP Budi Utomo Malang. SMP Lab UM berada di zona Pendidikan Kota Malang.

3# SMP ISLAM SABILILLAH MALANG
Inilah SMP Swasta Favorit yang paling dicari. Letaknya di jalan Terusan Piranha Atas Malang, memiliki kualitas bagus dan lulusannya mampu menembus sekolah SMA negeri favorit.

4# SMPK SANTA MARIA
Letaknya di jalan Halmahera, utara BCA Kawi atau arah baratnya Ijen Bulevar. Sekolah Katolik ini memiliki sarana yang lengkap dan berada di zona elit di kota Malang.

5# SMP BRAWIJAYA SMART SCHOOL (SMP BSS)
Inilah sekolah yang baru berdiri sekitar 3 tahun lalu namun langsung meroket dengan kualitas yang bagus dan sumber daya pengajar yang lengkap. SMP BSS berada 1 lokasi dengan SMA BSS dan lulusannya menjadi prioritas masuk UB. Lokasi BSS disamping persis kampus UB Malang.

6# SMP MARDI WIYATA
Sekolah ini terletak di jalan Semeru (Timur Stadion Gajayana dan Utara Radar Malang) dan memiliki lokasi yang luas, satu lokasi dengan SD MW)

7# SMP Shalahuddin
Lokasinya strategis berada di jalan raya JA Suprapto, berdampingan dengan SMA/SMK Shalahuddin Malang.

8# SMP MUHAMMADYAH (Oro-Oro Dowo Malang)
Lokasinya di tengah kota dan kualitas terus berkembang.

9# SMP KARTIKA
Inilah salah satu SMP favorit di kota Malang letaknya di Jalan Narotama dan jalan A Yani Malang.

10# SMPK Frateran Celaket
Salah satu sekolah Katolik favorit yang letaknya dipinggir jalan raya JA Suprapto, gedungnya peninggalan lama yang masih orisinil.

11# SMP WAHID HASYIM
SMP ini letaknya di dekat kampus UNISMA Dinoyo Malang. Salah satu sekolah swasta pilihan di kota Malang.

12# SMP Taman Harapan
Letaknya di jalan Aris Munandar dan merupakan salah satu SMP swasta Pilihan.

13# SMP YPK 1 dan 2
Sekolah yang mendidik muridnya disiplin dan berbudi pekerti.

14# SMP Arjuna 

15# SMP Khadijah
Sekolah favorit ini letaknya di tengah kota, sebelah selatan IKIP Budi Utomo atau utaranya BRI Kawi/Talun. Meski biayanya cukup mahal namun SMP swasta ini sangat disiplin dan lulusannya rata-rata berhasil menembus masuk SMA favorit.

Masih banyak SMP swasta yang juga tengah berbenah diri membangun kualitas seperti: SMP Al-Maarif, SMP Kertanegara, SMP Sriwedari (Penanggungan, samping MATOS), SMP Nasional, SMPK Sang Timur dst.

Perlu diperhatikan dalam memilih SMP Swasta di kota Malang adalah sebagai berikut:
  • Pastikan mengetahui lokasinya dengan jelas, akses angkutan dst.
  • Pastikan mengetahui biaya pendidikannya karena biaya SBPP dan SPP SMP swasta di kota Malang lumayan mahal.
  • Pelajari lingkungan sekitarnya dan model pergaulan murid di sekolah tersebut. Tiap SMP swasta memiliki pola didikan dan disiplin yang berbeda. Ada sekolah yang longgar dalam hal disiplin sehingga lingkungan pergaulannya negatif.
  • Kami sarankan pilihlah sekolah swasta yang lingkungannya aman, tertib disiplin dan memiliki inisiatif komunikasi dengan walimurid...