Ketua Mahkamah Konstitusi Jadi Narasumber Diskusi Acara Kongres KNPI XVI di Maluku Utara


TOKOH PEMUDA/KNPI SE-INDONESIA DIALOG KEBANGSAAN DENGAN KETUA MAHKAMAH KONSTITUSI RI

Ternate - Momentum Kongres XVI Pemuda/KNPI juga dijadikan sebagai ajang diskusi, konsolidasi gagasan pemuda Indonesia, antara lain dalam bentuk Dialog Kebangsaan, bagaimana menggali semangat Energy of Harmony untuk meneguhkan sinergi pemuda Indonesia bangkit.

Di sela - sela acara Kongres XVI, DPP KNPI mengadakan dialog kebangsaan diskusi konstitusi dengan Ketua MK RI. Acara yang diikuti ratusan tokoh pemuda, OKP dan Delegasi DPD KNPI dari berbagai pelosok nusantara ini digelar di Royal's Resto and Function Hall, Kota Ternate pada Senin siang Tanggal 16/5/2022.

Hadir sebagai narasumber utama, Ketua Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MK RI) Dr. H. Anwar Usman, S.H, M.H. Acara yang dipandu oleh moderator Bung Junianto Simanjuntak ini turut dihadiri Gubernur Maluku Utara, KH. Abdul Ghani Kasuba Lc.

"Pemuda Indonesia mendukung keputusan - keputusan MK untuk menegakkan konstitusi dan jangan sampai dipengaruhi oleh kepentingan tertentu yang merugikan bangsa dan negara. Dr. Anwar Usman senior saya di Univ Islam Jakarta, merupakan sosok yang berintegritas dan tegas dalam mengambil keputasan," ujar Haris Pertama, S.H, Ketua Umum DPP KNPI dalam sambutannya.

Dalam pemaparannya Ketua MK RI Anwar Usman mengaku senang bisa berdialog dengan pemuda KNPI terkait konstitusi dan hal relevan lainnya pada konteks pemahaman konstitusi negara. Karena tugas MK adalah mengawal konstitusi. Anwar Usman juga memaparkan bagaimana pentingnya persatuan pemuda dan mewujudkan pemuda dan masyarakat Indonesia yang taat konstitusi.

"Saya terharu. Walaupun beda daerah, agama, suku tapi suasananta penuh kebersaman. Keindahan Indonesia," kata Dr. Anwar Usman. Bahwa tema yang diangkat dalam Kongres XVI ini Sinergi Pemuda Indonesia Bangkit, mengandung nilai positif yang baik untuk masa depan Indonesia.

Beliau lalu menjelaskan sebagaimana dalam Surah Al-Hujurat ayat 13 sudah jelas menyatakan: Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Demikianlah, bahwa ajaran agama mengajarkan utamanya saling mengenal dan persatuan.

Lanjutnya, disampaikan juga bahwa hancurnya sebuah bangsa hancurnya sebuah masyarakat adalah apabila hukum tajam ke bawah tumpul ke atas. Jika hukum tidak dihargai maka bangsa yang kuatpun akan hancur. Sehingga, tugas pemuda adalah bagaimana menjadi bagian dari upaya edukasi menegakkan hukum. Pemuda menjadi bagian dari perjuangan tegaknya keadilan sosial bagi rakyat Indonesia.

"Kemerdekaan dan demokrasi yang kita nikmati hari ini tidak lepas dari peran para mahasiswa dan pemuda. Jika tidak ada pemuda, maka kemerdekaan dulu hanyalah mimpi," sambung Dr. Anwar Usman.

Sesi tanya jawab banyak dimanfaatkan peserta untuk bertanya dan dialog konstitusi dengan Ketua MK RI. Semua dijawab tuntas kecuali hal-hal yang berkaitan dengan perkara yang sedang diuji di Mahkamah Konstitusi RI.

Di akhir acara Ketum DPP KNPI Haris memberikan cinderamata Buku tentang kiprah DPP KNPI di bawah Ketum Haris Pertama yang ditulis oleh Liga Alam M kepada Ketua MK RI dan Gubernur Maluku Utara. **