Kongres KNPI XVI Digelar Mei 2022 di Maluku Utara, PEMDA se Malut Siap Mendukung

 


JurnalMalang, PemudaNews - Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) di bawah kepemimpinan Haris Pertama, S.H memastikan akan menggelar Kongres Pemuda / KNPI ke - XVI di Provinsi Maluku Utara pada 15 - 20 Mei 2022.

Ketum DPP KNPI Haris Pertama mengatakan pelaksanaan kongres tersebut sejalan dengan hasil Rapimpurnas yang telah dilaksanakan sebelumnya di Hotel Sultan Jakarta tahun 2021 lalu.

Dijelaskan, sesuai dengan mekanisme dan konstitusi, yaitu Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) KNPI, pihak yang berhak menyelenggarakan Kongres XVI hanyalah KNPI di bawah pimpinan Haris Pertama sebagai Mandataris Kongres karena terpilih secara sah dalam Kongres Pemuda/KNPI ke XV di Bogor tahun 2018.

“Kita akan mengadakan Kongres Pemuda/KNPI XVI di Maluku Utara, pada 15 - 20 Mei 2022. Kongres ini sesuai dalam konstitusi KNPI. Oleh karena itu, jika ada yang mengatasnamakan KNPI-KNPI yang lain tidak berhak dan tidak sah,” tegas Haris dalam keterangan persnya, (20/3/2022).

Haris yang juga menjadi Ketua Bidang Pemuda dan Olahraga Majelis Nasional KAHMI ini mengatakan sejumlah kepala daerah, terutama di Provinsi tempat Kongres XVI akan mendukung penuh ajang pesta demokrasi pemuda terbesar di Indonesia tersebut. Bentuk dukungan dituangkan secara tertulis dengan tandatangan masing-masing Kepala Daerah.

Mayoritas Organisasi kepemudaan (OKP) dibawah KNPI juga akan datang dan memberikan dukungannya untuk gelaran tersebut.

“Kongres Pemuda XVI di Maluku Utara juga akan dihadiri seluruh mantan Ketua Umum DPP KNPI seperti Bang Akbar Tanjung, Bang Adhyaksa Dault, Bang Idrus Marham dan lain sebagainya,” pungkas Haris.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi Maluku Utara kelihatannya sangat serius menyambut persiapan Kongres KNPI ke-XVI yang diselenggarakan  di Malut. Keseriusan itu terlihat dari surat rekomendasi yang secara resmi diberikan Gubernur Maluku Utara, K.H Abdul Gani Kasuba kepada Rusdi Yusuf selaku Pengurus DPP KNPI. Penyerahan bertempat di rumah kediaman dinas Gubernur Maluku Utara, Kota Ternate, Minggu (20/3/2022).

Sebagaimana diberitakan situs poskomalut.com, dalam kesempatan itu, gubernur berharap anak-anak muda yang berhimpun di dalam kepengurusan KNPI Malut serta kabupaten kota harus percaya diri dan terus berjuang dalam menyukseskan pelaksanaan kongres.

"Kongres yang direncanakan itu harus sukses. Sofifi siap menjadi rumah bagi pemuda untuk perjuangan pembangunan daerah ini ke depan," ujar Gubernur Malut.


Sementara itu, Rusdi Yusuf kepada poskomalut.com menyampaikan, DPP KNPI sebelumnya telah melakukan pleno penetapan tuan rumah kongres.

Rapat Pleno tersebut dilaksanakan secara virtual pada Senin, (14/03/2022) malam dan resmi menetapkan Maluku Utara sebagai tuan rumah Kongres ke XVI setelah sebelumnya bersaing dengan provinsi lainnya di Indonesia.

Rusdi menambahkan, sebelumnya 9 (Sembilan) kabupaten/kota di Maluku Utara telah mengeluarkan rekomendasi dukungan tuan rumah kongres KNPI, dan hari ini gubernur juga secara resmi menyerahkan dukungan dari pemerintah provinsi untuk pelaksanaan kongres.

"Mewakili KNPI Maluku Utara, saya bersama beberapa pengurus DPD KNPI Malut, Ketua dan Sekretaris KNPI Kota Ternate beserta beberapa pengurus secara resmi menerima rekomendasi dukungan dan selanjutnya akan saya serahkan semua dukungan pelaksanaan kongres kepada Haris Pertama, Ketua Umum DPP KNPI," ucap Rusdi sebagaimana dikutip media di Maluku Utara.

Rusdi menyampaikan, DPD KNPI Maluku Utara berterima kasih kepada Gubernur Malut atas dukungan pelaksanaan kongres.

"Kami juga turut menyampaikan terima kasih kepada Dr. M Tauhid Soleman (Wali Kota Ternate), Capt. Ali Ibrahim (Wali Kota Tidore), Ir. Frans Manery (Bupati Halut), James Uang (Bupati Halbar), Usman Sidik (Bupati Halsel), Ubaid Yakub (Bupati Haltim), Benny Laos (Bupati Morotai), Hj. Fifian Adeningsi Mus (Bupati Sula), dan Aliong Mus (Bupati Taliabu). Kami akan berjuang demi suksesnya penyelenggaraan kongres ini. Segala kepentingan masyarakat dan pemuda Maluku Utara akan kita suarakan," tutur Rusdi. **