KNPI Jawa Timur tunjuk Husnul Hakim - Axel Kharisma pimpin KNPI Kabupaten Malang


JurnalMalang - Setelah dinilai sekian lama vakum kepemimpinan, wadah berhimpun pemuda terbesar di Kabupaten Malang akhirnya memiliki nahkoda baru. 

Mantan Ketua GP Ansor Kabupaten Malang, H. Husnul Hakim, MH, dan tokoh muda Axel Kharisma ditunjuk oleh DPD KNPI Provinsi JATIM sebagai Ketua dan Sekretaris Karekater DPD KNPI Kabupaten Malang.

Serah terima mandat organisasi dilaksanakan di meeting room Majapahit Grand Kanjuruhan Hotel, Kepanjen Malang, pada hari Kamis, tanggal 20 Januari 2022, oleh Himawan Probo Pamungkas, Ketua Kartaker DPD KNPI Jawa Timur, didampingi Liga Alam M selaku Sekretaris Kartaker DPD KNPI Jawa Timur. Keduanya merupakan pengurus DPP KNPI yang diberi mandat untuk menegakkan AD/ART KNPI di Provinsi Jawa Timur, berdasarkan SK DPP KNPI Nomor: KEP.084/DPP KNPI/X/2021.

Selain menyerahkan SK, KNPI Jatim juga menyerahkan secara simbolis atribut KNPI dan buku dokumentasi sejarah gerakan KNPI dari era pertama kali organisasi itu berdiri, hingga kiprah KNPI di era milenial dalam tagar #EnergyOfHarmony.


Beberapa jajaran pengurus DPD KNPI Jatim juga hadir menjadi saksi serah terima SK DPD KNPI Kabupaten Malang. Puluhan kader berbagai OKP di Kabupaten Malang turut memeriahkan prosesi serah terima SK tersebut. Tampak hadir tokoh nasionalis yang juga Anggota DPRD Kabupaten Malang, Bung Budi Kris, yang didaulat memberikan sambutan motivasi kepada peserta.

Acara tersebut menjadi momentum penting bagi kaum muda Kabupaten Malang, karena DPD KNPI Jawa Timur secara resmi telah menunjuk H. Husnul Hakim sebagai Ketua dan Bung Axel Kharisma sebagai Sekretaris Karetaker DPD KNPI Kabupaten Malang, serta puluhan tokoh muda terbaik yang mengisi struktural KNPI Kabupaten Malang yang baru.

"Dengan terbitnya SK DPD KNPI JATIM dengan Nomor: KEP.001/KNPI-JATIM/I/2022, maka sesuai AD/ART KNPI, Kepengurusan KNPI Kabupaten Malang yang lama telah habis masa periodesasinya, dan dinyatakan demisioner," ujar Himawan Probo Pamungkas, S.E sebagaimana rilisnya.

Sehingga, segala kewenangan yang berkaitan dengan koordinasi organisasi dan tugas-tugas konstitusional KNPI di Kabupaten Malang selanjutnya berada di tangan Kepengurusan Karetaker DPD KNPI Kabupaten Malang.


DPD KNPI Jawa Timur memandang, bahwa komposisi Karteker DPD KNPI Kabupaten Malang sangat representatif. Mencerminkan potensi terbaik pemuda Kabupaten Malang. Sehingga besar harapan dinamika kepemudaan di Kabupaten Malang akan semakin hidup, dinamis dan kondusif.

Dijelaskan juga, kepengurusan KNPI Kabupaten yang baru ini dapat langsung melakukan sosialisasi SK kepada seluruh jajaran stakeholder di Malang, membangun komunikasi dengan OKP serta mengorganisir jaringan struktural KNPI di seluruh Kecamatan se-Kabupaten Malang.

Jajaran Pengurus DPD KNPI Jawa Timur yang ikut menyaksikan prosesi serah terima SK, adalah Agustian Siagian, S.H, Suroto, Selvia Wisuda dan lain-lainnya. Mereka sepakat bahwa sesuai amanat Ketua Umum DPP KNPI Haris Pertama selaku Mandataris Kongres Pemuda/KNPI XV, DPD KNPI Kabupaten Malang diharapkan berkolaborasi dengan rakyat dan bersinergi dengan Pemerintah Daerah sebagai wujud dedikasi, bhakti dan partisipasi pemuda di kancah sosial dan pembangunan.

Dijelaskan, KNPI Jatim akan menertibkan DPD Kota-Kabupaten yang vakum, yang telah habis periodesasinya, memastikan tegaknya AD/ART, dan menghimpun segenap potensi SDM pemuda untuk mengisi struktural KNPI di semua daerah se Jawa Timur.

Terkait KNPI Kota Malang yang telah habis periodesasinya, DPD KNPI Jatim berharap semua pihak bersabar, menunggu hasil Pleno DPD KNPI Jatim yang diadakan dalam waktu dekat. KNPI Jatim tetap menghargai kinerja dan perjuangan DPD KNPI Kota di tengah minimnya dukungan Pemerintah Makota.

KNPI Jatim akan membuka diri untuk komunikasi dengan semua pihak, terutama dengan DPD KNPI Kota Malang yang menjabat saat ini. Menggelar MUSDA secara demokratis lebih baik. Meski demikian, tidak tertutup kemungkinan akan ada penunjukan Karetaker. Semua tergantung situasi dan aspirasi yang berkembang di Kota Pendidikan tersebut. *