Heboh, Bintang Harry Potter Emma Watson ungkap dirinya 'stands with Palestine'


JM, Internasional - Selebriti cantik asal Inggris yang terkenal lewat karakter "Hermione Granger" dalam film Harry Potter, Emma Watson, menyuarakan solidaritas dengan aktivis pro-Palestina melalui akun Instagram pribadinya (3/1/2021).

Dalam unggahannya ini, Emma Watson dengan jelas menampilkan sikap pembelaan terhadap Palestina dengan kata-kata 'solidaritas adalah kata kerja'.

Ditambah lagi, Emma Watson juga menyisipkan kutipan dari sarjana Inggris-Australia Sara Ahmed berikut ini,

Solidaritas tidak berarti perjuangan kita adalah perjuangan yang sama, atau rasa sakit yang dirasakan sama, atau harapan kita untuk masa depan yang sama


Solidaritas melibatkan komitmen, dan usaha, serta pengakuan bahwa meskipun kita tidak memiliki perasaan yang sama, atau kehidupan yang sama, atau tubuh yang sama, tetapi kita hidup di tempat yang sama”.

Hingga saat tulisan ini dimuat, unggahan Emma sudah mendapatkan 1.241.807 like dan 122.059 komentar yang mengecam maupun mendukungnya. Akun IG Emma Watson sendiri memiliki hampir 65 juta followers.

Unggahan Emma Watson tersebut lalu memicu kemarahan dari sejumlah pejabat Israel menyusul pembelaannya terhadap Palestina melalui akun pribadinya tersebut. Antara lain kecaman datang dari Gilad Erdan, utusan Israel untuk PBB.


Meskipun Emma Watson ditentang, tetapi banyak juga pujian hingga dukungan untuknya karena berpihak pada Palestina. Pujian luas untuk Emma Watson dari ratusan ribu pengguna Instagram pro-Palestina yang berterima kasih atas pendapat dan keberaniannya menyatakan sikap. Emoji bendera Palestina dan tagar #FreePalestine #PalestineWillBeFree memenuhi kolom komentar. **