Bhakti Pemuda Indonesia: DPP KNPI gelontorkan bantuan dan terjun langsung ke lokasi bencana Semeru Lumajang


Haris Pertama pimpin Pengurus DPP KNPI terjun langsung bantu masyarakat terdampak erupsi Semeru di Lumajang Jawa Timur.

Gbr. BusKNPI Turangga Seta, angkut logistik bantuan pemuda ke desa pengungsi.

JurnalMalang, Lumajang - Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) menyalurkan sejumlah bantuan dan fasilitas angkutan medis bagi korban terdampak erupsi Gunung Semeru.

Berangkat dari Jakarta dengan menggunakan Bus KNPI Turangga Seta, Ketua Umum Haris Pertama yang didampingi Ketua OKK bung M. Choir Ucok bersama puluhan pengurus DPP KNPI terjun langsung ke lokasi terdampak erupsi pada Rabu, 8 /12/ 2021.

Gbr. Warga pengungsi berdatangan mengambil paket bantuan DPP KNPI /jm

Rombongan DPP KNPI membawa paket bantuan untuk warga yang kini masih berada di lokasi pengungsian. Bantuan tersebut merupakan Program Taktis Tanggung jawab Sosial Pemuda. Jenis bantuan beberapa macam kebutuhan baik sembako hingga kebutuhan lainnya. Khusus paket sembako yang dibawa KNPI senilai total bantuan sebesar Rp50 juta.

"Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian Pemuda melalui DPP KNPI untuk penanganan bencana erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang," ujar Haris Pertama Ketum DPP KNPI, Rabu (8/12). Haris Pertama dan rekan-rekan hadir melihat langsung desa terdampak erupsi yang sudah kosong ditinggalkan penghuninya, seperti di desa Sumberwuluh, Candipuro, Lumajang.

Sebelumnya, DPP KNPI telah menurunkan unit Ambulans standard medan offroad 4x4 ke Lumajang. Bantuan penggunaan 1 unit Ambulance DPP KNPI guna mempercepat bantuan evakuasi baik pada korban meninggal maupun yang memerlukan bantuan medis masyarakat di wilayah lereng Semeru untuk sementara waktu.

Gbr. Ambulans DPP KNPI, khusus medan offroad 4x4 siaga di mendukung evakuasi maupun rescue di desa terdampak erupsi Semeru Lumajang / jm


Kemudian rincian paket sembako yang diberikan berupa Beras 1,5 Ton, Masker 6000 pcs, Mie Instan, Popok anak dan dewasa, Telur Ayam, dan Air Mineral untuk para korban erupsi yang membutuhkan selama masa penanggulangan bencana. Paket bantuan tersebut diangkut dengan menggunakam Bus KNPI, mobil operasional DPP KNPI dan kendaraan milik pengurus DPP KNPI Jawa Timur.


Dalam penyaluran bantuan ini, DPP KNPI berkolaborasi dengan DPD KNPI Jawa Timur, tim lapangan dari unsur masyarakat setempat dan relawan unsur OKP seperti Satgas Bencana Banteng Muda Indonesia Kota Malang Jawa Timur. KNPI juga berkoordinasi dengan para stake holder yang bertanggung jawab pada aspek keamanan dan keselamatan di titik utama yang terdampak bencana.

Gbr. Pengurus DPP KNPI turut jadi relawan teknis, angkut paket ke posko-posko pemgungsi / ist


Bantuan sosial DPP KNPI merupakan bantuan Tahap 1 dan selanjutnya pemberian serta penyerahan bantuan akan dilakukan kembali menyesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat di lokasi bencana. Posko kolaborasi DPP KNPI masih terus dibuka di atas Desa Candipuro, Lumajang. DPP KNPI menempatkan beberapa relawan asal KNPI Jatim yang bertahan di Posko Semeru.

"Kami berupaya memberikan bantuan secara bertahap dalam rangka percepatan pemulihan bencana di kawasan tersebut," kata Himawan Probo Pamungkas, Ketua karateker DPD KNPI Jawa Timur.

Kondisi desa Sumberwulih dusun KajarKuning, Candipuro, yang sunyi ditinggalkan penghuni ke tenda pengungsian. Tim DPP KNPI ikut menyaksikan betapa besarnya dampak erupsi Semeru /dok.


Sementara warga masyarakat terdampak berbondong-bondong mengambil paket bantuan dari KNPI di lokasi Posko Kolaborasi Pemuda. "Bantuan ini sangat dibutuhkan, bermanfaat bagi warga yang sedang kesulitan. Ini benar-benar meringankan beban kami, khususnya warga yang hingga hari ini masih tinggal di pengungsian," ujar Rully salah satu anggota relawan peduli Semeru yang terus bekerja di lokasi. 


Bung Rully dan rekan-rekan kader OKP juga masih standby  di desa terdampak hingga situasi dinyatakan aman terkendali, siap melayani para pengungsi di posko kolaborasi DPP KNPI. **