DPP KNPI Haris Pertama Tunjuk Karetaker KNPI Jawa Timur, DPD II Diminta Rapatkan Barisan


Foto: RakernasDPPKNPI2021 Hotel Sultan/JKT. Pimpinan OKP Nas teken "pakta integritas", sepakat mendukung Kongres XVI Haris Pertama yang akan datang. / jm

Jakarta - Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) Haris Pertama, S.H, akhirnya menunjuk Pengurus Karetaker DPD KNPI Jawa Timur, dengan Nomor: Nomor: KEP. 084/DPP KNPI/X/2021.

Pengurus inti (Kabid) DPP KNPI yang berasal dari Jatim ditunjuk untuk memimpin Kepengurusan Karetaker tersebut yaitu, Himawan Probo Pamungkas sebagai Ketua dan Liga Alam Muhtar sebagai Sekretaris. Keduanya merupakan Ketua Bidang di kepengurusan DPP KNPI Haris Pertama. Sebagai Pengarah Karetaker Jatim, terdapat nama SekjenDPP Gandung RNH, Dony Tri Istiqomah, Medy Lubis dan Amin Ngabalin.

"Seluruh koordinasi keorganisasian KNPI di Jatim secara resmi dilimpahkan pada Pengurus Karetaker. Mulai dari aspek administrasi hingga prakondisi Musda Prov maupun Musda Kota-Kabupaten se Jawa Timur," tegas Haris Pertama, S.H, Ketum DPP KNPI dalam rilisnya, Sabtu 23/10/21. Haris Pertama, merupakan tokoh pemuda alumnus Univ. Islam Jakarta, yang kini sedang kuliah pasca sarjana di UB Malang, dan beberapa waktu lalu dilantik menjadi Ketua Bidang Kepemudaan di Majelis Nasional KAHMI.

DPP KNPI meminta Karetaker KNPI Jatim agar lebih memperhatikan kepentingan dan aspirasi DPD II dan mendampingi problem keorganisasian yang dihadapinya. Sebab dalam evaluasinya, selama ini DPD KNPI Jatim tidak jelas koordinasinya dengan DPP, agenda organisasi yang pasif dan bahkan lokasi Kantor DPD nya pun tidak jelas dimana.

Sementara itu, Himawan Probo Pamungkas, Ketua Karetaker DPD KNPI Jatim, menyatakan siap mengemban amanah organisasi dan menuntaskan masalah keorganisasian di wilayah koordinasi organisasi KNPI Jatim.


"Kami akan komunikasikan dengan OKP di Jatim untuk menyamakan persepsi. Saya juga sampaikan pada seluruh DPD II, KNPI Kota/Kabupaten se-Jatim untuk merapatkan barisan dan melaksanakan mekanisme organisasi," kata Himawan, yang juga Ketua Bidang Pemilu DPP KNPI.

Jawa Timur merupakan salah satu Provinsi terbesar di Indonesia, dengan jumlah 38 Kota/Kabupaten. KNPI Karetaker Jatim secara efektif memulai kerja mengambil alih kedudukan hukum Pengurus DPD KNPI Jatim hasil Musda XII/2018 silam yang telah dinyatakan demisioner karena sudah habis masa periode kepengurusannya. KNPI Jatim kartaker akan menggerakan potensi pemuda agar menjadi mitra kritis pemerintah daerah dan menjadi basis gerakan, hingga nanti terlaksananya Musda Pemuda Jawa Timur yang ke-XIII.

Himawan menghimbau agar DPD II yang sudah berakhir masanya segera menggelar Musda di tingkat Kota-Kabupaten. Jika sudah melampaui waktu yang sudah ditentukan maka Karetaker DPD I akan menunjuk Karetaker sebagai plt. KNPI Kota maupun Kabupaten.

"Kami juga tegaskan, bahwa hanya satu KNPI di Jatim, yaitu KNPI di bawah Kepemimpinan Haris Pertama sebagai Mandataris sah dari Kongres Pemuda XV," pungkas aktivis pemuda asal Blitar ini. **