Ryano Panjaitan: Rapim Paripurna Nasional DPP KNPI akan Putuskan Jadwal Kongres XVI

Gbr. M. Ryano Panjaitan, Ketua Pelaksana RAPIMPURNAS 2021 DPP KNPI / ist

Pemuda yang bergabung di Organisasi Kemasyarajatan Pemuda (OKP) masih Solid, demikian juga dengan seluruh jajaran pengurus DPP KNPI. Maka organisasi berhimpun pemuda yang lahir tahun 1973 ini siap menggelar RaPimPurnas 2021 di Jakarta pada pertengahan Oktober 2021 mendatang.

JurnalMalang, Jakarta - Dewan Pimpinan Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) memastikan Rapat Pimpinan Paripurna Nasional (Rapimpurnas) akan diselenggarakan di Jakarta pada Tanggal 13 - 15 Oktober 2021 dengan mengusung tema besar "Pemuda Solid Indonesia Memimpin".

Selain pengurus DPP KNPI, Rapimpurnas yang dikatakan paling representatif ini akan dihadiri perwakilan OKP tingkat nasional, perwakilan KNPI DPD I dan DPD II KNPI dari seluruh Indonesia. Pada saat pembukaan, rencananya akan mengundang berbagai pihak, mulai dari aktivis, NGO, senior alumni KNPI hingga pejabat Pemerintah.

"Rapimpurnas merupakan agenda strategis organisasi yang mekanismenya diatur dalam ketentuan AD/ART KNPI. Kita laksanakan perintah organisasi, sebagai tahapan konstitusional menuju Kongres XVI," kata M. Ryano Panjaitan (MRP), Ketua Pelaksana Rapimpurnas DPP KNPI 2021.

Menurut Ryano atau juga dikenal dengan panggilan MRP, WKU DPP KNPI sekaligus Ketua Panitia, agenda internal dalam Rapimpurnas nanti akan diputuskan tempat dan waktu pelaksanaan Kongres Pemuda/ KNPI XVI, peserta Kongres XVI KNPI, dan kebijakan startegis lainnya. 

Berdasarkan ketentuan organisasi, lanjut Ryano Panjaitan, mensyaratkan bahwa Rapimpurnas dihadiri oleh Pengurus DPP KNPI, Perwakilan Pengurus DPD KNPI Provinsi dari seluruh Indonesia, Badan Pewakilan KNPI LN dan Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) tingkat nasional yang berhimpun di KNPI. 

"Sehingga Rapimpurnas merupakan forum pengambilan keputusan yang paling representatif pra Kongres," pungkas M. Ryano Panjaitan, tokoh muda yang juga pengusaha sukses ini.

Rapimpurnas akan dirangkai dengan agenda seminar nasional dan KNPI Award sebagai bentuk penghargaan pemuda terhadap para para tokoh yang berjasa dalam hal inovasi, iptek dan kemanusiaan. DPP KNPI telah menggandeng salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) untuk mengkaji segala aspek yang berkaitan dengan potensi dan konstribusi anak bangsa sehingga layak mendapatkan penghargaan pemuda.

"Rapimpurnas kali ini memiliki nilai strategis, sebab selain memutuskan masalah-masalah internal keorganisasian, KNPI juga menilai bahwa membantu pemerintah dan rakyat dalam menghadapi pandemi Covid-19 telah menjadi perhatian Pemuda Indonesia," tegas Ketua Umum DPP KNPI Haris Pertama, S.H. 

Haris menjelaskan salah satu fokus agenda DPP KNPI adalah mengurangi beban derita rakyat akibat dampak pandemi yang menggoyahkan segala sendi kehidupan. KNPI yang dipimpinnya terus melaksanakan program sosial berbasis gotong royong "KNPI untuk Rakyat".

"DPP KNPI bersama Yayasan Sahabat Ryano telah meluncurkan Program Gedoor -gerakan door to door, mengantarkan bantuan langsung sembako kepada rakyat yang kesulitan," jelas Haris. 

Sebelumnya, DPP KNPI dan Yayasan Sahabat Ryano telah sukses melaksanakan Vaksinasi bagi ribuan masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Program kolaboratif pemuda ini sebagai bagian dari realisasi janji pemuda sebagai salah satu pilar negeri.

"Jika kami sudah berjanji dan memberi harapan, maka kami akan memberikan dedikasi dalam kenyataan," tandas Haris Pertama. **