Ketua DPRD Makota Ajak Keluarga Ikuti Bakti Ramadhan Aksara Tumapel 2021, Merasakan Suasana Berbagi Dibulan Suci

 

Ketua DPRD Makota Made dan keluarga berbaur dalam acara bakti ramadhan AksaraTumapel 2021. /jm.

JurnalMalang - Sebagaimana bulan ramadhan tahun-tahun sebelumnya, Lembaga Aksara Tumapel Malang kembali menggelar safari dan bakti sosial ramadhan 2021 untuk anak-anak yatim piatu dan pmks di Malang Raya. Acara menyesuaikan dengan protokol kesehatan, yaitu pembatasan jumlah peserta dalam satu acara, dan lebih banyak melakukan kunjungan langsung ke sasaran bansos.

Peserta anak yatim dari berbagai panti asuhan dan juga anak dari PMKS binaaan lembaga hadir dalam acara pembagian santunan dan buka puasa bersama yang bertempat di rumah dinas Ketua DPRD Kota Malang pada Minggu, 18/4/2021. Acara tersebut merupakan salah satu rangkaian safari ramadhan Aksara Tumapel selama bulan suci Ramadhan 2021. Lokasi pertama acara safari ramadhan Aksara Tumapel difasilitasi Ketua DPRD Kota Malang, yaitu di ex Guest House Jalan Kawi 24, Klojen.


Usai pembukaan, sambutan perwakilan Ketua Aksara Tumapel dan sambutan Ketua DPRD Kota Malang, dilakukan tausyiah ramadhan dan doa yang dipandu Gus Hisya. Selanjutnya panitia Aksara Tumapel membagikan takjil buka puasa dan konsumsi untuk peserta. Setelah selesai makan, peserta melakukan sholat magrib berjamaah. Sebelum acara ditutup panitia membagikan uang santunan pada setiap anak yatim dan anak pmks yang hadir. Ketua DPRD Kota Malang juga menambahkan dana santunan untuk peserta.

"Sudah menjadi program rutin setiap bulan puasa. Untuk hari ini tempat difasilitasi Ketua DPRD Kota Malang. Kami mengucapkan terima kasih atas dukungannya." Ujar M. Taufiq, S.Pd, Ketua Pelaksana Safari Ramadhan Aksara Tumapel 2021 dan juga wartawan senior Kota Malang.

Ketua DPRD Kota Malang, I Made Riandiana Kartika, menyambut baik acara yang bermanfaat untuk masyarakat di bulan suci. "Saya punya pengalaman, menjadi anak yatim sejak kecil. Namun saya tetap semangat belajar dan menuntut ilmu." Harap Made dalam sambutannya. Dijelaskan juga, bahwa acara bhakti ramadhan Aksara Tumapel Malang mencerminkan pelaksanaan nilai-nilai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika di bulan ramadhan. Ketua DPRD Kota I Made RDK bersama seluruh anggota keluarganya yang beragama Hindu, dan termasuk Ibundanya Made yang muslim hadir berbaur dalam acara malam itu, mengikuti seluruh rangkaian acara. Bakti Ramadhan tahun depan, katanya, perlu ditingkatkan peserta maupun kegiatan sosialnya.

Ditempat yang sama, Ketua Aksara Tumapel, Ligaalam Muhtar, menjelaskan lembaga Aksara Tumapel sudah menjalankan agenda sosialnya sejak tahun 2006 dengan sejumlah program, seperti baksos, edu-PNF, SAR peduli bencana dan Safari Ramadhan untuk Panti Asuhan.

"Melanjutkan tradisi, di bulan suci. Kegiatannya bersifat gotong royong. Siapapun bisa ikut partisipasi." Jelas Liga alam yang juga pengurus di DPP KNPI ini. 

Menurutnya, Safari Ramadhan Aksara Tumapel Malang 2021 akan dilanjutkan dengan kunjungan ke berbagai Panti Asuhan dan Pondok Duafa di Malang Raya, membawa bantuan dana dan sembako. Masyarakat pra-sejahtera yang menjadi binaan Aksara Tumapel di kampung-kampung padat penduduk juga menjadi sasaran program Safari Ramadhan tersebut.

"Untuk acara yang seperti ini (berkumpul/bukber) masih akan dilakukan sekali lagi. Di daerah Kedungkandang." Katanya. **