Ketua PA GMNI Kota Malang: Malang Potensial Mencetak Kepemimpinan Nasional


JurnalMalang - Konferensi Cabang Persatuan Alumni GMNI Kota Malang akan dilaksanakan pada tanggal 3 Januari 2021 di Hotel Ijen Suites & Convention, dengan mengusung tema "Sinergi, Kolaborasi dan Kepemimpinan Nasional".

Menjelaskan makna tema acara, selaku Ketua DPC Persatuan Alumni GMNI kota malang , dr Puthu Moda Arsana memaparkan bahwa berbagai narasi kebangsaan yang selama ini lebih banyak dijadikan sebagai inspirasi perjuangan sudah baik pada tataran idealitas, di tahun 2021 ini, harus lebih banyak diwujudkan di kancah realitas. "Misalnya, gotong royong sebagai intisari Pancasila perlu diterjemahkan lebih realistis dalam konteks kehidupan masyarakat era revolusi industri 4.0 dan society 5.0." Ujar dr. Puthu  yang sekarang ini juga menjabat sebagai Jetua Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) yang beberapa bulan lalu dilantik presiden di istana negara.

Lebih lanjut dr. Phutu moda arsana mengatakan bahwa sinergi dan kolaborasi dapat dijelaskan sebagai salah satu wujud implementasi dari gotong royong agar segala potensi masyarakat dapat bersatu, saling mengisi dan mendukung satu sama lain untuk meraih cita-cita bersama. Di era sekarang, sinergi dan kolaborasi merupakan syarat penting dalam mencapai tujuan kolektif.

Kepemimpinan nasional, merupakan tema yang selalu mewarnai dinamika pemikiran kebangsaan di Malang sejak dicetuskannya maklumat 'Cakrawalamandala Nusantara' abad 13 masehi. Doktrin politik era Singhasari tersebut merupakan embrio terbentuknya kesadaran untuk membangun 'sinergi - kolaborasi' nasional dalam menggapai cita-cita bersama yaitu integrasi satu nusa satu bangsa demi nusantara yang gemah ripah loh jinawi. Dilanjutkan oleh kepemimpinan Majapahit, yang sepenuhnya dimotori arek-arek Malang berhasil menyempurnakan pelaksanaan cakrawalamandala nusantara dan di era sekarang menjadi salah satu inspirasi keutuhan NKRI.

Sebagai bagian dari kelompok nasionalis yang menghargai pesan "jas merah" Bung Karno maka Alumni GMNI Kota Malang memiliki tekad untuk senantiasa menggalang sinergi, kolaborasi dan mencetak kepemimpinan nasional dari bhumi arek Malang. 

"Sudah dibuktikan dalam berbagai periode, bahwa kader-kader bangsa asal Malang mampu mewarnai dinamika pembangunan dan kekuasaan dari berbagai tingkatan mulai dari Kepala Daerah, Pejabat Negara hingga Anggota DPR RI. Capaian tersebut tentu diikuti dengan semakin meluasnya idealitas gagasan kebangsaan dari Malang untuk diaplikasikan ke dalam lapangan riil pembangunan, dari tingkat lokal, regional hingga nasional." Pungkasnya. **