Divif 2 Kostrad Gelar Sholat Idul Adha 1440 H Dan Penyembelihan Hewan Qurban

Pendiv2 – Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Mayjen TNI Tri Yuniarto, S.AP., M.Si., M.Tr (Han), melaksanakan sholat Idul Adha di Gedung Indoor Madivif 2 Kostrad bersama warga dan masyarakat di sekitaran Madivif 2 Kostrad.

Ibadah ini turut dihadiri Pangdivif 2 Kostrad  Mayjen TNI Tri Yuniarto, S.A.P, M.Si, M.Tr (Han), para Asisten Kasdivif 2 Kostrad serta Ibu ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Divif 2 PG Kostrad. Minggu (11/8).

Peringatan Hari Raya Idhul Adha kali ini mengangkat tema “Jadikan Hikmah Idul Adha1440 H/2019 Sebagai Momentum Peningkatan Ketaqwaan dan Semangat Rela Berkorban Guna Mendukung Tugas Pokok TNI”. Sedangkan yang bertindak sebagai Imam sholat Idul Adha sekaligus Khotib adalah Ustad Aksan Subur Imam besar Masjid Sabilul Huda.

Dalam khotbahnya ia menyampaikan, bahwa pada hari ini berjuta-juta umat Islam berbondong-bondong meninggalkan rumah mereka, berjalan dengan penuh perasaan gembira dan haru menuju masjid-masjid atau tanah lapang tempat diselenggarakannya sholat Idul Adha.

“Terdapat tiga hikmah kurban pertama kesanggupan dan kemampuan seorang muslim dalam menghadapi ujian keimanan, kedua sebagai simbolis atas penyembelihan sifat-sifat hewanian dan terakhir sebagai bentuk kasih sayang Allah atas ketaatan hambanya,” ujarnya.

“Selain itu, berbagai ujian yang menimpa seperti dialami Nabi Ibrahim dan keluarganya, bila kita taat dan selalu berserah diri kepada Allah Swt akan bisa dilalui dengan baik, Kebahagian seorang mukmin adalah dapat melaksanakan perintah Allah meskipun berat, tetapi dia tetap tegar untuk melaksanakannya,” jelasnya.

Sementara itu, Pangdivif 2 Kostrad mengatakan bahwa jika dikaitkan dengan kehidupan berbangsa dan bernegara, sifat seperti Nabi Ibrahim AS tersebut patut untuk ditiru. “Karena bangsa yang kuat adalah bangsa yang saling bahu membahu, bangsa yang bersatu, bangsa yang rela berkorban apapun demi kejayaan bangsa dan negaranya,” tegas Pangdiv.

Usai pelaksanaan sholat, dilakukan juga penyerahan hewan kurban secara simbolis oleh Pangdivif 2 Kostrad kepada panitia pelaksanaan qurban, yang dilanjutkan dengan pemotongan hewan qurban.

Penyerahan hewan qurban ini dimaksudkan agar Divif 2 Kostrad dapat menjalin kekompakan dan solidaritas bersama masyarakat sekitar di wilayah Singosari dan sekitarnya dalam rangka memupuk kebersamaan, ibadah qurban yang dilaksanakan secara tulus dan ikhlas, yang merupakan wujud dari rasa solidaritas sesama umat muslim khususnya, serta rasa kesetiakawanan nasional pada umumnya. ungkap Pangdivif.

Pada Hari Raya Idul Adha tahun 1440 H kali ini, jumlah hewan kurban di Markas Divif 2 Kostrad sebanyak 5 ekor sapi dan 26 ekor kambing. Nantinya daging hewan kurban tersebut akan dibagikan kepada warga Divif 2 Kostrad dan masyarakat sekitar, serta Yayasan Panti Asuhan.