Divif 2 Kostrad Gelar Sholat Idul Adha 1439 H

Pendiv2 – Divisi Infanteri 2 Kostrad menggelar Sholat Idul Adha 1439 H di lapangan hitam Markas Divif 2 Kostrad, Singosari, Malang. Ibadah ini turut dihadiri Pangdivif 2 Kostrad Mayjen TNI Marga Taufiq, Kasdivif 2 Kostrad Brigjen TNI Haryanto, S.I.P., M.Tr (Han) dan para Asisten Kasdivif 2 Kostrad serta umat Muslim Madivif 2 Kostrad. Rabu(22/8/2018).

Peringatan Hari Raya Idul Adha kali ini mengangkat tema "Dengan Hikmah Idul Adha Tahun 1439 H/2018 M Kita Tingkatkan Keimanan dan Ketaqwaan Guna Membentuk Prajurit Profesional, Rela Berkorban dan Manunggal Dengan Rakyat". Sedangkan yang bertindak sebagai Imam Sholat Idul Adha sekaligus Khotib adalah K.H. Agus Ikhwan Mahmudi, M.Si.

Dalam khotbahnya, ia menyampaikan bahwa pada hari ini berjuta-juta umat Islam berbondong-bondong meninggalkan rumah mereka, berjalan dengan penuh perasaan gembira dan haru menuju masjid-masjid atau tanah lapang tempat diselenggarakannya sholat Idul Adha

“Ini adalah wujud syukur kita sebagai umat Islam dalam mengabdikan diri kepada Allah SWT", ucap K.H. Agus Ikhwan Mahmudi, M.Si.

Lebih lanjut, K.H. Agus Mahmudi menyampaikan bahwa peringatan Hari Raya Idul Adha ini merupakan perintah kepada kaum muslimin untuk berkorban seperti yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim AS.

Nabi Ibrahim mendapatkan perintah dari Allah SWT untuk menyembelih anaknya, Nabi Ismail AS yang sangat ia cintai dan nantikan kelahirannya selama bertahun-tahun. Akan tetapi, karena Aqidah yang sangat kuat dan ketaatannya kepada Allah SWT, Nabi Ibrahim pun tetap melaksanakan perintah tersebut. Ia rela mengorbankan cintanya selain kepada Allah, untuk menyembelih anaknya yang sangat ia sayangi. Walaupun pada akhirnya, Allah SWT mengganti Nabi Ismail AS dengan seekor domba.

Sementara itu, Pangdivif 2 Kostrad mengatakan bahwa jika dikaitkan dengan kehidupan berbangsa dan bernegara, sifat seperti Nabi Ibrahim AS tersebut patut untuk ditiru. "Karena bangsa yg kuat adalah bangsa yang saling bahu membahu, bangsa yang bersatu, bangsa yang rela berkorban apapun demi kejayaan bangsa dan negaranya", tegas Pangdiv.

Usai pelaksanaan sholat, dilakukan juga penyerahan hewan qurban secara simbolis oleh Pangdivif 2 Kostrad ke panitia pelaksanaan qurban, yang dilanjutkan dengan pemotongan hewan qurban.

Pada Hari Raya Idul Adha tahun 1439 H kali ini, jumlah hewan qurban di Markas Divif 2 Kostrad sebanyak 5 ekor sapi dan 23 ekor kambing. Nantinya daging hewan qurban tersebut akan dibagikan kepada warga Divif 2 Kostrad dan masyarakat sekitar, serta Yayasan Panti Asuhan dan Panti Jompo di wilayah Kecamatan Singosari. (Pendiv2).