Mahasiswa UMM Malang adakan Training Need Analysis (TNA) di Yonkav 8 Kostrad

Mah.UMM Jalin Kerjasama dengan Yonkav8 / Dok.Pendiv2
Pendiv2 - Universitas Muhamadiyah Malang (UMM) melalui Fakultas Psikologinya menjalin kerjasama dengan Yonkav 8 Kostrad mengadakan Training Needs Analysis (TNA), Selasa (6/12). UMM Malang mengirimkan mahasiswa dan mahasiswinya sebanyak 4 orang untuk menggelar serangkaian tes tersebut.

Satuan Yonkav 8 merupakan Satuan tempur yang tentunya dituntut untuk selalu menjaga kesiapan operasional prajuritnya. Salah satu misi Danyonkav 8 Kostrad Mayor Kav Hermawan Weharima adalah memelihara, meningkatkan kemampuan dan keterampilan prajurit dengan melaksanakan pola pembinaan latihan secara terprogram, terukur, dan proporsional serta berorientasi pada sasaran yang ingin dicapai.

Salah satu ketua Rombongan, Qoriyna Fidinillah, menyampaikan TNA ini dilaksanakan sebelum melaksanakan pentahapan latihan di Satuan. Pihak UMM selaku Trainer bertugas untuk mengadakan pengumpulan data untuk mengetahui kebutuhan pelatihan di Satuan Yonkav 8 Kostrad. Setelah mengetahui kebutuhan pelatihan, trainer dapat menyusun program pelatihan yang sesuai.

Pihak UMM Malang selaku Trainer juga berfungsi sebagai fasilitator untuk melaksanakan pelatihan yang dibutuhkan oleh Satuan Yonkav 8 Kostrad. Pelatihan yang dimaksud dapat digunakan untuk meningkatkan performa Satuan dihadapkan dengan tuntutan tugas yang akan dihadapi sesuai kebutuhan dan permintaan Satuan Yonkav 8 Kostrad.

Beberapa manfaat diadakannya TNA di Satuan Yonkav 8 Kostrad, antara lain: 
1. Bagi individu dalam hal ini Prajurit mampu mengenali potensi yang ada dalam dirinya serta mampu memaksimalkan potensi dan kinerja agar sesuai ekspektasi Satuan, sehingga motivasi kerja prajurit dapat meningkat. 
2. Bagi Organisasi dalam hal ini Satuan Yonkav 8 Kostrad mampu mengidentifikasi informasi dan kebutuhan Satuan, apakah sudah sesuai dengan visi misi yang telah dicanangkan. Selain itu, mampu memaksimalkan sarana dan prasarana Satuan untuk menggali potensi dan kinerja prajurit di Satuan.

Danyonkav 8 Kostrad menyambut baik adanya kerjasama yang terjalin antara Satuan dengan UMM Malang. Mayor Kav Hermawan Weharima menjelaskan nantinya setelah diadakannya TNA di Satuan, maka UMM selaku fasilatator akan memberikan rancangan berupa modul pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan prajurit dan Satuan. Hal ini dilakukan guna memperbaiki dan meningkatkan performa agar sesuai dengan visi dan misi Satuan Yonkav 8 Kostrad.

Training Needs Analysis (TNA) dilaksanakan di Satuan Yonkav 8 selama 2 hari pada tanggal 6-7 Desember 2016 selama kurang lebih 6 jam perhari dengan objek berupa sample beberapa prajurit. Beberapa sesi dilakukan dengan metode ice breaking, kuisioner dan wawancara serta dilakukan didalam maupun diluar ruangan. (Pendiv2/red1).

Subscribe to receive free email updates: