Divif 2 Kostrad Dihadiahi Buku Biografi Pangkopur ll Ke-5

Dok. Pendivif 2 Kostrad
Pendivif2 - JurnalMalang.Com - Kepala Penerangan Divisi Infanteri 2 Kostrad, Mayor Inf Bonny Vidri Anggoro menerima buku biografi Mayjen TNI (Purn) Amir Yudhowinarno, Panglima Komando Tempur (Pangkopur) ll Cadangan Utama AD (Caduad) ke-5, di Museum Vira Chakti Yudha, Markas Divisi Infanteri 2 Kostrad, Kamis (8/10). Buku biografi tersebut diserahkan langsung oleh perwakilan keluarga, Adi Nugroho.

Pemberian buku biografi ini merupakan hadiah yang luar biasa yang diberikan kepada Divisi Infanteri 2 Kostrad dalam menjaga dan memelihara sejarah satuan. Pada acara tersebut Kepala Penerangan, Mayor Inf Bonny Vidri Anggoro juga menyampaikan ada banyak manfaat yang bisa diambil dari buku yang memuat tentang perjalanan hidup Mayjen Amir Yudhowinarno.

Buku biografi tersebut memuat tentang perjalanan hidup seorang Amir Yudhowinarno sejak masa perjuangan hingga perjalanan karirnya menjadi seorang Panglima Komando Tempur ll Caduad (1971-1973). Amir Yudhowinarno merupakan sosok pejuang yang tangguh dan sepanjang hayatnya untuk mengabdikan diri pada nusa dan bangsa. Hingga sebelum menutup usia, ia masih menyempatkan diri untuk menulis buku sebagai kenangan sejarah yang sangat berharga.

Komando Tempur (Kopur) ll Cadangan Utama AD (Caduad) adalah merupakan cikal bakal terbentuknya Divisi Infanteri 2 Kostrad. Pembentukan satuan ini dilatar belakangi bahwa TNI AD harus memiliki pasukan cadangan yang memiliki kemampuan siap tempur setiap saat. Sejak April 1985 Kopur ll Kostrad dilikuidasi menjadi Divisi Infanteri 2 Kostrad. (Pendiv2/red1).