Pra Kongres Sungai Indonesia II, Tim Gabungan Susur Sungai Bengawan Solo


Tim Susur Sungai Bengawan Solo, Pra KSI2 / Dok. KSI2
JURNALMALANG - Susur Sungai Bengawan Solo sudah dimulai awal bulan lalu (1/08/16) sebagai bagian dari agenda pra Kongres Sungai Indonesia II (KSI). Berdasarkan jadwal yang dirilis kepanitiaan KSI2, pelaksanaan Susur Sungai ini mulai tanggal 1 hingga tanggal 7 Agustus 2016.

Peserta sudah tiba di Sonde sejak 31 juli lalu. Susur sungai start dari desa Sonde, Ngawi dan berakhir di Gresik. Acara pelepasan dibuka oleh Wakil Bupati Ngawi pada 1 agustus 2016 jam 08.00. Susur sungai Bengawan Solo ini melibatkan lebih dari 40 personil yang terdiri dari Dinas SATPOL PP Provinsi Jatim, Dinas Kominfo Provinsi Jatim, Biro SDA Provinsi Jatim, BBWS Brantas, BPBD, Perum Jasa Tirta I, BLH Provinsi Jatim, Perhutani, Dinas Perikanan dan Kelautan, Armatim, Universitas Airlangga, Garda Lingkungan, LSM Konsorsium Lingkungan Hidup (KLH) dan tim dari Kongres Sungai Indonesia II. 

Sementara sarana prasarana susur sungai ini, difasilitasi penuh oleh Perhutani Divre Jawa Timur, basecamp pemberangkatan, akomodasi dan konsumsi pada titik pemberhentian. PJT I fasilitasi perahu karet dan fasilitas akomodasi titik peberhentian Tuban, Lamongan dan Gresik. BPBD Jawa Timur dengan 1 genset mobile tanggap darurat, personil dan 1 perahu.

ARMATIM dengan 2 Perahu Karet dan 4 Personil Paska. Dinas Perikanan dan Kelautan berencana memberikan benih ikan untuk tebar benih ikan di titik pemberhentian strategis untuk tebar benih. Ibu Artanti dari Biro SDA secara pribadi telah memfasilitasi snack untuk team yang berangkat dari Surabaya. 

Sedangkan beberapa SKPD yang berencana akan memfasilitasi namun tidak terealisasi yaitu Dinas PU-Cipta Karya dan Tata Ruang Prov Jatim, Dinas Kehutanan. Tim berangkat dari Perhutani Divre Jatim pada pukul 12.00 tanggal 31 juli 2016 dan tiba di KPH Sonde-Ngawi pada pukul 20.00.

Hari pertama tim susur sungai berangkat jam 09.00 dan berhenti di Persemaian BKPH Ngraho hingga sampai pada jam 16.00; Selanjutnya kegiatan ini akan dilaporkan kepada Gus Ipul sebagai Ketua Steering Committee KSI II. (panpelKSI2/jm2).

Subscribe to receive free email updates: