AKSARA BAKTI RAMADHAN KE-10 WUJUD NYATA KETEGUHAN IMAN DAN ILMU

Hall Kantor Perpustakaan Umum Kota Malang Jalan Ijen 30 A tampak ramai pada Sabtu sore 20 Juni 2015. Sekitar 200 anak dari berbagai kalangan berbaur dengan puluhan mahasiswa dan masyarakat dalam acara Bakti Ramadhan bersama Aksara Tumapel Malang. Acara rutin setiap awal ramadhan ini mengambil Tema "Teguhkan IMAN, Tinggikan ILMU, Tingkatkan AMAL". Indomaret Malang mendukung acara tersebut dengan memberikan bantuan 200 paket alat peraga sekolah  dan bingkisan. Sementara Bank Indonesia Wilayah Malang turut partisipasi mendukung panitia. Belum lagi banyak pihak yang ambil bagian dalam acara sosial yang telah rutin digelar selama 10 tahun tersebut.


Peserta acara anak-anak dari berbagai kalangan: anak yatim/piyatu, prasejahtera dari kampung padat penduduk, anak terlantar, panti dan juga anak-anak binaan dari LPAN Griya Baca dan Rumah Belajar Arek Malang (RBA) Zona Pasar dan Zona Perbatasan. Mereka datang dari Kedungkandang, Kotalama, Bumiayu, Arjowinangun, Gadang, Sumbersari, Betek, Pandanwangi, Klojen dst dengan menggunakan mikrolet sewaan yang didampingi oleh tutor dan pembina/pengasuhnya. Selain itu, acara juga dihadiri banyak undangan dari kalangan mahasiswa seperti UIN, UM, UNMER, STTM dst yang membantu kepanitiaan dan memeriahkan acara.

Acara pertama dibuka oleh MC, dan diisi oleh panggung musik Islami oleh LPAN GRiya Baca Malang. Selanjutnya Pembacaan Ayat Suci Al-Quran Oleh Qori: Ahmad Sonni Irawan (UIN MALIKI). Selanjutnya sambutan dari Ketua Lembaga Aksara Tumapel L. Alam Muchtar, ST, yang sekaligus bersama perwakilan Indomaret memberikan santunan secara simbolis kepada perwakilan anak-anak terlantar yang sekolah. 

Acara dilanjutkan dengan Tausyiah Ramadhan oleh Ustad: Muiz Hidayatullah dari Pondok Pesantren Mahasiswa Luhur Sumbersari Malang, yang juga memimpin doa buka puasa bersama. Dai muda ini dipuji mampu menyegarkan suasana dengan ceramah-ceramahnya di hadapan audiens anak-anak. Setelah buka puasa bersama dilanjutkan dengan Sholat Magrib berjamaah. Baru kemudian makan bersama dan Pembagian dana santunan dari Aksara Tumapel dan Paket Bantuan dari INDOMARET Malang kepada seluruh peserta dan hadirin acara.

Ketua Aksara Tumapel menjelaskan kepada puluhan wartawan yang hadir bahwa acara tersebut adalah salah satu bentuk dari pengamalan Iman dan Ilmu. "Keteguhan Iman dan kapasitas keilmuan yang mumpuni akan melahirkan kesadaran beramal yang tulus. Itu akan lebih bisa dibangkitkan dibulan suci Ramadhan." Ucap Penggagas Aksara Bakti Ramadhan ini. 
Sementara Ketua Pelaksana M. Taufik mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerjasama sehingga acara ini bisa digelar, harapannya semoga barokah dan bermanfaat bagi anak-anak yang senantiasa memerlukan dukungan dan kepedulian kita semua. Wartawan senior ini juga menyampaikan pesan kepada anak-anak peserta agar tetap rajin puasa, rajin belajar dan jangan sampai ada yang putus sekolah. (jm-1).


Subscribe to receive free email updates: