Madrasah Negeri Favorit di kota Malang

Sebagai kota pendidikan Malang memiliki banyak 'koleksi' kualitas terutama lembaga pendidikan. Salah satunya adalah Sekolah Madrasah Negeri favorit yang kebetulan sama-sama berlokasi di jalan Veteran Malang. Jalan Veteran ini merupakan zona pendidikan dimana terdapat beberapa kampus besar seperti UNIBRAW, UM, Pasca Sarjana UMM, Kampus 1 UMM Sumbersari dan 2 Lembaga BIMBEL terkenal.


Pertama adalah Madrasah Ibtiiyah Negeri (MIN) 1 Malang (Setingkat SD) yang terletak di ujung timur jln Veteran (sebelum Ria Djenaka/Pom Bensin Jln.Bandung). MAN 1 ini memeliki kelebihan, berada di zona pendidikan yang kondusif, ditangani oleh tenaga pengajar yang handal serta sistem pendidikan yang disiplin tinggi. Maka tak heran murid di MIN 1 amat rajin disiplin dan teratur hidupnya serta sering menjuarai berbagai ajangan kompetisi termasuk langganan 10 besar Nilai tertinggi Ujian Nasional (UN). Hanya saja sayangnya, biaya pendidikan di MIN 1 Malang ini amat mahal buanget. Jadi yang sekolah di sini bisa dipastikan hanya dari kalangan yang menengah ke atas :(

Kedua adalah Madrasah Tsanawiyah Negeri Malang (MTs N) 3 atau setingkat SLTP. Untuk masuk di MTSN ini amat sulit, seletif dan ketat prosedurnya. Karena memang peminatnya amat banyak. Bagaimana tidak berminat sekolah di sini, lokaksinya di tempat yang aman zona pendidikan jalan veteran, disiplin tinggi muridnya, siswanya juga menjadi langganan juara di mana-mana, UKS-nya juga menjadi Juara Nasional beberapa kali dan yang pasti MTSN 3 Malang ini siswanya memiliki pesantren modern di area sekolahnya sekaligus sebagai tempat tinggal murid. JAdi di isini banyak sekali murid yang datang dari luar kota karena dijamin pintar, mandiri dan aman tinggal di area sekolah. Hanya saja sekolah ini juga lumayan, mahal sekali baik biaya masuknya, uang gedung maupun SPP.

Ketiga, Madrasah Aliyah Negeri Malang (MAN) 3 Malang, yang juga berada di zona pendidikan jalan raya Veteran Malang. Satu deret dengan MIN 1, MTSN3, UM, SMKN 2 MLG, SMAN 8 MALANG, Pasca Sarjana UMM, SMPN 4. Di seberangnya ada UB dan Malang Town Square MATOS. MAN 3 (atau sering disebut Mantry) merupakan sekolah favorit di kota Malang dengan sistem layanan yang berkualitas, disiplin dan mendulang banyak prestasi nasional. UKS MAN 3 ini adalah yang terbaik nasional ditingkatnya karena dikelola secara profesional dan sistem kaderisasi yang bagus. Tenaga pengajar di MAN 3 banyak yang pintar menulis, ramah dan sabar dalam mendidik muridnya. Hampir setiap UN di kota Malang, MAN 3 mesti menyumbang nominator dan peraih nilai tertinggi.