SMA Favorit di Kota Malang

Kualitas lembaga pendidikan di kota Malang kini semakin bersaing terutama pada aspek fasilitas dan kualitasnya. Kualitas bukan lagi monopoli sekolah yang berada di tengah-tengah kota saja namun sudah merata di sekolah-sekolah di perbatasan kota. Berikut ini daftar sekolah yang difavoritkan masyarakat baik swasta maupun negeri.



Meski demikian, predikat favorit tetap saja menjadi milik sekolah-sekolah lama yang sejak dulu memang sudah memiliki tradisi juara, alumninyapun banyak yang sukses di berbagai sektor. Perlu kami jelaskan bahwa favorit bukan berarti yang terbaik lho. Favorit lebih dimaknai sebagai predikat yang diberikan masyarakat terhadap sekolah-sekolah tersebut.

Berikut ini daftarnya menurut penelusuran kami.

1. SMAN 3 Malang
Sekolah yang terletak di jalan Kertanegara, barat Stasiun Kota Baru, timur Balaikota Malang ini memang terkenal disiplin dan sangat favorit. Tenaga pengajarnya memang tenaga pilihan, siswanya memiliki etos belajar tinggi. Hampir tiap tahun masuk dalam siswa berprestasi tingkat kota hingga nasional. Organisasi intra sekolahnya juga aktif dengan berbagai kegiatan yang berkelas nasional. UKSnya dilengkapi peralatan medis yang lumayan dilengkapi dokter ahli. Alumni dari SMAN 3 Malang ini banyak yang sudah sukses diberbagai instansi seperti perBankan, pemerintahan, pengusaha, BUMD-BUMN hingga ada yang jadi menteri. Lulusan SMAN3 rata-rata lolos masuk tes SMPTN di berbagai perguruan tinggi terkenal seperti UI, UGM, UB, ITB, UNAIR dll.

2. SMAN 1 Malang
Sekolah ini terletak persis di sebelah timur alun-alun Tugu Balaikota Malang, bersebelahan dengan SMAN 4 Malang. SMAN 1 juga termasuk 2 besar SMAN terbaik kota Malang dengan fasilitas dan tenaga didik yang handal dan lengkap. Alumninya juga banyak sekali yang menjadi orang sukses. Sama dengan SMAN 3 Malang, sekolah yang memiliki tim PASKIBRA hebat ini tes masuknya sulit sekali dan kalau sudah masuk biayanya mahal. SBPPnya minimal Rp 7.500.000,- bahkan bisa dua kali lipatnya. SPPnya Rp 250 ribu per bulannya.

3. SMAN 5 Malang.
Inilah sekolah favorit dengan lingkungan sekolah yang tercantik dan tersejuk di kota Malang. Maka tak heran SMAN 5 Malang langganan juara nasional UKS dan Adiwiyata. SIstemnya sangat disiplin, pagi sebelum mulai pelajaran murid harus mengikuti siraman rohani. Masuk sekolah ini juga ketat namun lulusannya mudah tembus masuk perguruan tinggi negeri. SMAN 5 Malang berlokasi di Kelurahan Kasin, samping SMKN 4 atau di sebelah utaranya pasar Comboran.

4. SMAN 4 Malang
Sekolah ini berlokasi di utara Balaikota Malang, lokasi yang paling bonafid di bumi Arema ini, samping SMAN 1 Malang. Sama dengan tetangganya, sekolah ini termasuk favorit yang dilengkapi dengan fasilitas canggih nan modern. Juga memiliki lapangan basket yang keren, sama dengan SMAN 1 dan SMAN 5. Biayanya juga sama dengan SMAN 1 Malang.

5. SMAN 8 Malang.
Sekolah ini berlokasi di Jalan Raya Veteran, zona pendidikan dimana bertetangga dengan UB, UM, SMKN 2 dan juga Malang Town Square (Matos). Kualitas sekolah ini tak kalah dengan SMAN tugu dan SMAN 5. Seleksi masuknya juga ketat dan fasilitasnya juga lengkap. Lulusan SMAN 8 juga langganan tembus masuk perguruan tinggi negeri terkenal di Indonesia. Dalam hal biaya hampir sama dengan SMAN 4 dan 1.

6. SMAN 10 Malang
SMAN 10 berada di Sawojajar Malang Timur. Sekolah yang terkenal dengan UKS dan sekolah Hijau ini memiliki dua program yaitu SMAN 10 Program Leadership (Dulu bergabung dengan Sampoerna Akademi) yaitu khusus untuk siswa lulusan SMP yang berprestasi dan dari kalangan pra sejahtera, program ini berasrama dan dibiayai penuh oleh PEMKOT Malang. Program ini berdiri sejak 5 tahun lalu dan lulusannya sudah banyak yang kuliah di PTN hingga luar negeri. Lalu ada program reguler yaitu sama dengan SMAN 8 dengan tunjangan kualitas yang setara dan biaya juga demikian.

7. SMAN 2, SMAN 9, SMAN 7 dan SMAN 6
Empat sekolah diatas memang tidak atau belum setara SMA TUGU tetapi sebenarnya kalau dilihat dari fasilitas, tenaga pengajar dan lulusannya sudah bersaing dan bahkan tahun kemarin sekolah-sekolah ini yang masuk 10 besar nilai UN terbaik Jawa Timur.
SMAN 2 terletak di barat Fly Over Jln Martadinata Mergosono, satu-satunya SMAN di kota Malang yang menerapkan sistem SKS (seperti perguruan tinggi).
SMAN 9 terletak di kawasan elit Permata Jingga ujung utara Jalan Soekarno Hatta Malang.
SMAN 7 terletak di daerah Cenger Ayam kec. Lowokwaru.
SMAN 6 terletak di daerah Buring sebelum GOR Ken Arok kec. Kedung Kandang.

8. SMA Swasta Favorit
Predikat Favorit juga disandang SMA swasta yang bahkan dalam hal tertentu lebih elit dan lebih berkualitas. Sebut saja misalnya SMA Dempo yang terletak di barat Ijen Bulevar, SMA Korjesu, SMA Islam (belakang RSU SYaiful Anwar).

Meskipun predikat favorit dimiliki sekolah-sekolah diatas namun bukan berarti sekolah lainnya tidak memiliki kualitas dan sarana memadai. Sekolah lainnya seperti SMA Shalahuddin, Widya Gama dst juga mampu bertahan dan bersaing dengan alumni yang juga tak kalah suksesnya....