Pelopor Jurnalisme Warga (Malang Raya, Jawa Timur)

Polling Pilkada MLG_KAB 2020 [One Phone One Vote]

Kampus Swasta Tempat Kuliah Favorit di Kota Malang

JurnalMalang - Kualitas perguruan tinggi swasta di kota Malang tidak kalah dengan kampus negeri. Bahkan untuk beberapa Prodi, mutu di kampus swasta lebih baik bahkan lebih murah biayanya. Jadi, kalau tidak berhasil masuk di PTN sebaiknya sobat memilih salahsatu kampus swasta di kota Malang sesuai dengan jurusan yang sobatmuda minati. Inilah gambaran kampus swasta kota Malang yang bisa menandingi kualitas dan nama besar kampus negeri.


UMM (UNMUH MLG)
Univ. Muhammadyah Malang (UMM) adalah kampus swasta terbesar di kota Malang atau UMM terbesar di Indonesia. Jumlah mahasiswanya setara dengan Univ. Brawijaya Malang. Kampusnya adanya di 3 lokasi yaitu di Sumbersari, Jalan Bandung (Pasca Sarjana) dan kampus megahnya di daerah Landungsari (Perbatasan Malang-Batu). Kampus ini memiliki hotel, balairung raksasa, zona kuliner modern dan rumah sakit megah dengan perlengkapan medis yang ultra modern. Untuk masuk di kampus ini diseleksi lumayan ketat. Banyak orang luar negeri yang kuliah di UMM, dan juga banyak yang non muslim.

STIE Malang Kucecwara (ABM atau STIEMARA)
Kampus ini andalan jurusan ekonomi dan bisnis. Sejak lama kampus ini terkenal dengan mutunya, fasilitasnya, mahasiswanya yang hight kelas dan juga harganya. Kampus ini punya chanel radio terkenal. Namun sekarang Biaya kuliah sudah relatif sama dan ABM tidak lagi se ekslusif dulu. Kampus ABM cukup dekat dengan zona kuliner Suhat, arah terminal Arjosari dan lingkungannya termasuk tertib dan aman.

UNMER
Univ. Merdeka Malang kampus bersejarah dan PTS swasta tertua di kota Malang, bernaung di bawah yayasan yang didukung oleh TNI (Kodam V Brawijaya) dan memiliki disiplin tinggi dan manajemen yang rapi. Kampus ini amat berkualitas di jurusan Hukum, Teknik Mesin, Ekonomi, Psikologi, Teknik Sipil dan Informatika. Selain itu adalannya adalah program D3 Perbankan dan D3 Pariwisata yang belum tersangi hingga saat ini (lokasinya di ujung utara jalan besar Ijen). UNMER juga memiliki program Doktor (S3) yang cukup berkelas karena didukung oleh tenaga pengajar pakar-pakar nasional. Unmer menyelenggarakan sekolah Advokad bagi yang berminat menjadi Pengacara. Lokasinya di jln ters Dieng (Baratnya Apartemen dan Dieng Mall). Dari Terminal Arjosari naik jalur angkot AT, dari Stasiun Kereta Kotabaru naik MM.

Institut Teknologi Nasional, ITN Malang.
Kampus ini letaknya tengah kota, dekat dengan UB dan memiliki jurusan andalan dan rata-rata berkualitas. Kampus pusat di sebelah selatannya perempatan UB-ITN. Beberapa jurusan sangat diandalkan seperti Teknik Sipil, Arsitektur, Planologi dst. ITN memiliki kampus lain di daerah kabupaten Malang (Karang Ploso). Sempat ramai dengan kasus kekerasan dalam Ospek namun masalah itu sudah diselesaikan secara internal dan konsep orientasinya sudah dibenahi. Dari arah terminal Gadang atau termnal Landungsari bisa naik angkot LG.

Univ. MA CHUNG memang masih termasuk kampus yang paling baru berdiri namun langsung membangun sarana yang lengkap, canggih dan modern. Kampus ini memang untuk segmen menengah ke atas karena dilihat dari biaya amat mahal dan lokasinya aja di perumahan paling elit Tidar. Sehinga yang kuliah di sana bisa dipastikan dari kalangan menengah atas. Tidak ada angkot yang terakses langsung dengan kampus ini dan disekitar kampus tidak ada kos kos-an. Tapi dalam hal kualitas jangan ditanya: labnya canggih, dosennya rata-rata peneliti dan jebolan kampus luar negri.

Daftar kampus favorit pilihan ini ada juga Univ. Islam Malang (UNISMA) di Dinoyo, yang dilintasi banyak angkot. Unisma dulunya adalah Univ Nahdlatul Ulama (UNNU), kini sudah membuka fak Kedokteran, punya rumah sakit sendiri. Alumninya banyak yang sukses dan mantan rektornya pernah menjadi Menteri di era Presiden Gus Dur.

Lalu ada Sekolah Tinggi Teknik (STT) Malang (Kampus Multimedia) yang memiliki 5 lokasi kampus antara lain di sebrang jalan besar Soekarno Hatta. Bagi yang tertarik pada dunia informatika sebaiknya pilih kampus STT Malang. Sebentar lagi mereka akan melauncing TV lokal yang bermarkas di gedung National Multimedia Centre milik mereka di dekat Perum elit Permata Jingga. Di kampus ini ada juga program studi Arsitektur, Sipil, Elektro. Mulai tahun 2015 STT akan memulai membuka SMK NMC yang berbasis multimedia termodern di Malang Raya.


IKIP BUDI UTOMO. Lokasinya sebelah timur MOG, di tengah kota. Kampus besar ini banyak mahasiswanya dari luar pulau Jawa seperti mahasiswa dari kawasan Indonesia timur. Punya lapangan futsal dan dekat dengan Puskesmas Arjuno (Klojen). Dilintasi banyak angkot seperti ADL, ASD, LG, dst.

Univ. Widya Gama (Uwiga) yang cukup dekat dengan ABM (Perbatasan Blimbing-Lowokwaru), cukup dekat dengan zona jalan Soekarno-Hatta dan Mall Blimbing. Di depannya terdapat SMA Widya Gama. Kampus ini membuka program S2.

Universitas Gajayana Malang (UNIGA) di daerah Tlogomas Lowokwaru. Dekat dengan STIH Sunan Giri. Kampus ini memiliki TV lokal. Kampus ini paling dekat dengan akses kostan, kuliner dan zona kampus.

Univ. Kanjuruhan Malang, UNIKAN atau Unikama terletak di daerah Janti Sukun. Kampus ini cukup besar dan banyak mahasiswa dari luar pulau. Kemudian ada Universitas Tribuana Tunggadewi (UNITRI) yang berdekatan dengan UNIGA dan STIH. Kampus ini juga berkembang pesat.

Sekolah Tingga Bahasa Asing (STIBA Malang) yang terletak di Sawojajar (barat Velodroom). Pada masa keemasannya kampus ini sangat diminati mahasiswa dari berbagai daerah di luar Jawa. Akhir ini Stiba menurun jumlah mahasiswanya. Disampingnya ada Univ. Wisnuwardhana yang salahsatu jurusan andalannya adalah Psikologi.....

Perguruan Tinggi Kesehatan berkembang pesat di kota Malang, memiliki kualitas yang rata-rata sama dan jumlahnya di Malang cukup banyak dan bersaing terutama dalam hal biaya. Ada yang paling mahal dan ada yang amat murah, semua tergantung pilihan.

Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH Sunan Giri) Malang jangan diremehkan karena sekarang mahasiswanya banyak dan alumninya banyak yang sukses menjadi advokat maupun anggota legislatif. STIH Sunan Giri Malang merupakan salah satu kampus swasta tertua di Malang yang didirikan oleh alm. Prof. Dr. Choesnoe, SH (Guru besar hk adat, Dosen di berbagai PT di LN).

Cukup bersaing adalah Univ. (Katolik) Widya Karya Malang, terletak di jalan Bondowoso (Sebelah Selatan UM), utara Pasar Buku Wilis. Letaknya pusat kota, kampus ini cukup elit dengan Prodi Fak Ekonomi, Pertanian, Hukum dan Teknik. 

Institut Pertanian Malang (IPM), kampus ini jarang terdengar namun letaknya lumayan ekslusif di komplek Perum. Griya Santa (masuk dari arah Jalan Suhat).  Kemudian di Tlogowaru Malang timur ada Politeknik Kota Malang (Poltekom) yang memiliki jurusan andalan Mekatronika, Robotika dan Destinasi Pariwisata. Tersedia mulai D1, D3 hingga D4.

Sementara untuk Lembaga Pendidikan Profesi yang Setara D1 (1thn masa belajar) anda bisa masuk di Magistra Utama (Timur UB/UM), Wearnes Educaton Centre (WEC) (Samping UM/Jln Jakarta), School of Bussiness (SOB), BTC. Di lembaga tersebut anda bisa belajar ilmu komputer, grafis, kesekretariatan, perbankan, administrasi perkantoran dst. Khusus Wearness, bisa lanjut di kampus milik mereka di STIE ASIA yang terletak di daerah Suhat.

Kesimpulannya, kualitas kampus swasta di kota Malang rata-rata sangat kompetitif dan memiliki sarana yang lengkap dan kualitas pendidik yang setara dengan kampus besar negeri yang didukung oleh pemerintah. Jadi, kalau memang kuota negri amat terbatas (atau jual mahal) kenapa harus ngotot kuliah di negeri? kampus Swasta di kota Malang juga kerenn dan memiliki jaringan alumni yang sukses di berbagai sektor....

Untuk referensi tambahan bisa melihat profil kampus dalam daftar alamat situs kampus Malang di Jurnal Malang ...

Subscribe to receive free email updates: