IAI Al-Qolam Malang Naik Status Menjadi Universitas, Alumni Berikan Respon Positif


JurnalMalang - Kabar baik untuk dunia pendidikan di Malang. Salah satu perguruan tinggi akhirnya berubah status, dari Institut Agama Islam Al-Qolam Malang menjadi Universitas Al-Qolam Malang.

Mengutip Warta Press, salah satu Alumni dan Ketua DPK Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Fakultas Tarbiyah, Syaifudin Zuhri, merespon positif terkait perubahan dari Institut Agama Islam (IAI) Al-Qolam Malang menjadi Universitas Al-Qolam Malang, Senin (5/2/2024).

"Kami bangga dan mengapresiasi perubahan Institut Agama Islam Al-Qolam Malang menjadi Universitas Al-Qolam Malang," kata Syaifudin Zuhri kepada media Senin (5/1/2024).

Menurutnya momentum perubahan status ini menjadi tonggak sejarah bagi kampus yang pernah menjadi tempatnya menimba ilmu dan juga berproses menjadi aktivis mahasiswa.

Ia berharap capaian bagus ini sebagai langkah besar meningkatkan mutu pendidikan dan menciptakan lingkungan akademis yang lebih berkualitas. Sebagai alumni ia juga ingin terus memberikan dukungan moral untuk kemajuan pendidikan di almamaternya, demi mencetak generasi unggul yang siap mengabdi untuk bangsa dan negara.

Dengan adanya perubahan status menjadi universitas diharapkan akan memperlebar peluang bagi kampus, mahasiswa serta seluruh sivitas akademika dalam konteks mengembangkan potensi akademis, riset dan kemajuan lainnya.

Diketahui, pihak kampus akan memperluas fasilitas, meningkatkan kualitas dosen, serta menjalin kerjasama dengan institusi pendidikan dan industri mencetak lulusan yang tidak hanya memiliki pengetahuan akademis yang luas tetapi juga keterampilan yang sesuai dengan tuntutan zaman.

Bagi alumni seperti Syaifudin Zuhri berkeyakinan bahwa dengan perubahan ini, kampus akan memberikan kontribusi lebih besar dalam dunia pendidikan dan pembangunan sumber daya manusia di Indonesia. (wp/vt/jm). **