Meriah! Mahasiswa, Santri dan Masyarakat Malang Raya Deklarasi Dukung Gibran Berpasangan dengan Prabowo


JurnalMalang, Kota Malang JATIM - Sore ini Gedung akbar Graha Tirta Sumbersari Kota Malang meriah. Sekitar 5.000 massa muda memenuhi gedung meluber hingga halaman luarnya. Mereka hadir mengusung aspirasi terkait pilpres 2024. Antusiasme mahasiswa, pemuda dan masyarakat Malang Raya terhadap sosok Gibran Rakabuming Raka terlihat dalam pesta rakyat, panggung hiburan dan deklarasi dukungan kepada Wali Kota Surakarta tersebut. Gibran didorong maju menjadi bacawapres untuk berpasangan dengan bakal calon presiden RI Prabowo Subianto.


Acara nan meriah yang dikemas dalam pesta rakyat dan panggung hiburan tersebut digelar di Gedung Graha Tirta, Kota Malang pada Kamis sore (19/10/2023). Ribuan massa yang rata-rata anak muda memenuhi aula besar tersebut, hingga meluber di luar.

"Acara ini atas masukan dan aspirasi teman-teman mahasiswa dan masyarakat, kami memfasilitasi agar dukungannya tersampaikan di masyarakat luas," kata Ketua Panitia Bima Septian Islamudin, S.Hum, disela-sela acara.

Lanjut Alumnus Prodi Bahasa Arab UIN Maliki yang juga Sekretaris Samawi Kota Malang ini, bahwa Gibran dinilai sangat mumpuni menjadi pemimpin skala nasional. "Pengalaman mas Gibran komplit, baik di dunia kewirausahaan dan pemerintahan beliau matang sebagai pemimpin yang kreatif, amanah dan profesional," tambah Bima, yang juga Santri Pesantren Luhur Kota Malang ini.

Acara Deklarasi Gibran dimulai sejak pukul 15.00 hingga 17.25 WIB. Dengan kreatif, massa menggaungkan nama Gibran, baik lisan maupun melalui alat publikasi yang di bawa. Diawali dengan bersama-sama menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, diikuti dengan pernyataan - testimoni perwakilan peserta dari berbagai latar belakang mulai dari aktivis mahasiswa, unsur pemuda, pelaku UMKM/UKM, pelaku wisata - ekraf, mahasiswa lintas kepercayaan, santri, ulama muda hingga unsur masyarakat. Selingan musik dari para talenta muda Kota Malang, menambah keseruan acara.

Pemotongan tumpeng dilakukan oleh dari perwakilan Sahabat Gibran Randy Saputra, dilanjutkan dengan doa yang dipandu oleh Lora Faruq, Kiyai muda yang merupakan keturunannya ulama kharismatik Syaikhona Kholil, Bangkalan, Madura.


"Antusiasme peserta deklarasi luar biasa. Kami semakin yakin mas Gibran  mendapat dukungan luas dari masyarakat Malang untuk maju mendampingi Capres Prabowo Subianto, dan tentunya semangat ini akan meluas ke seluruh penjuru tanah air," ujar Randy Saputra, Koordinator Sahabat Gibran.

Menurut Randy, Prabowo dan Gibran adalah putra - putra terbaik bangsa Indonesia, patriot sejati, yang mampu memajukan negeri dalam rangka menggapai cita-cita Indonesia Emas 2045.

Pada acara inti, dibacakan naskah deklarasi dukungan untuk Gibran agar maju sebagai calon Wakil Presiden RI bersama Prabowo Subianto sebagai Capres, dalam momentum Pilpres 2024 mendatang.

Adapun naskah deklarasi Sahabat Gibran, sebagai berikut:

DEKLARASI SAHABAT GIBRAN MALANG RAYA

Pilpres 2024 merupakan momentum demokrasi yang turut menentukan arah masa depan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Estafet kepemimpinan nasional harus didasarkan pada komitmen kolektif memajukan bangsa dan negara.

Bersama ini, kami Sahabat Gibran Mendeklarasikan sikap sebagai berikut:

1. Kami mendukung terlaksananya Pemilu/Pilpres yang demokratis, damai dan konstitusional,

2. Kami bertekad memberikan dedikasi dan pengabdian terbaik untuk kemajuan bangsa, mewujudkan cita-cita Indonesia Emas 2045,

3. Pada momentum Pilpres 2024, dengan pertimbangan kualitas, potensi pemuda dan pengalaman kepemimpinan, Kami dengan ini menyatakan "MENDUKUNG GIBRAN RAKABUMING RAKA, SEBAGAI BAKAL CALON WAKIL PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA, UNTUK BERPASANGAN DENGAN BAKAL CALON PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA, BPK PRABOWO SUBIANTO"

Beliau berdua, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, adalah putra-putra terbaik bangsa Indonesia, patriot sejati NKRI, yang akan menghantarkan bangsa dan negara menjadi bangsa besar yang jaya, berdaulat, Gemah Ripah Loh Jinawi, Toto Tentrem Kerta lan Raharjo.

Demikian naskah deklarasi ini dibuat. Selanjutnya kami akan menggalang dukungan untuk menyukseskan ikhtiar yang kita deklarasikan hari ini. Semoga niat kita senantiasa mendapat Ridho Allah SWT.

(Malang, 19 Oktober 2023). ***