Bos Tesla Elon Musk Ajak Masyarakat Dunia Gunakan Citizen Journalism


JurnalMalang, GlobalNews - Pemilik Tesla, SpaceX dan juga bos Twitter (sekarang X), menganjurkan penerapan Citizen Journalism (CZ) atau jurnalisme warga menjadi pilihan konsep jurnalisme yang terbaik untuk masyarakat dunia. Jurnalisme warga merupakan kegiatan jurnalistik yang dilakukan oleh masyarakat dengan membagikan informasi melalui platform media sosial dan lainnya.

'Citizen journalism is the path to better future!

I strongly encourage people around the world to post news about events as they’re happening, in both text & video,' tulisan Elon melalui akun X @elonmusk pada Rabu (4/10/2023).

Jurnalisme warga adalah jalan menuju masa depan yang lebih baik, katanya, saya sangat menganjurkan orang-orang di seluruh dunia untuk memposting berita tentang peristiwa yang sedang terjadi, baik dalam bentuk teks maupun video,

Postingan Elon tersebut menanggapi cuitan sebuah akun @cb_doge yang mengatakan 'Citizen Journalism can make this world a better place.' Jurnalisme warga dapat menjadikan dunia ini tempat yang lebih baik.

Sebagaimana diketahui, jurnalisme warga (bahasa Inggris: citizen journalism) adalah kegiatan partisipasi aktif yang dilakukan oleh masyarakat dalam kegiatan pengumpulan, pelaporan, analisis serta penyampaian informasi dan berita.

Dalam jurnalisme warga, masyarakat tidak hanya menjadi konsumen media tapi juga bisa terlibat dalam proses pengelolaan informasi itu sendiri. Pelibatan itu meliputi membuat, mengawasi, mengoreksi, menanggapi, atau sekadar memilih informasi yang ingin dibaca. Karena itu, dikatakan bahwa jurnalisme warga tidak hanya memberi tempat tapi juga menyarankan dan mendorong pembaca untuk terlibat di dalamnya. (*).