Suksesi KNPI Jember Tuntas, Beberapa Daerah di JATIM Menyusul MUSDA

Musda KNPI Jember 2022 / knpiJTM

JurnalMalang - Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia Provinsi Jawa Timur sukses mengawal pelaksanaan Musyawarah Daerah DPD KNPI Kabupaten Jember, Jawa Timur. Salah satu agenda Musda Kota/Kabupaten adalah memilih Ketua KNPI dan menetapkan komposisi formatur di daerah tingkat kota/kabupaten.

Secara mandiri dan didampingi KNPI Jatim, KNPI Jember sukses menggelar Musyawarah Daerah (Musda) bertempat di Hotel Royal, Jum’at (19/8/ 22).

Berdasarkan informasi yang dihimpun berbagai media, sebelum gelaran Musda 2022, pengurus KNPI Jember sudah menghadap Bupati Jember Ir H Hendy Siswanto ST IPU, dan Bupati menyambut baik niatan pemuda untuk menghidupkan peran pemuda/KNPI di Kabupaten Jember.

Mengusung tema “Menggugah Kembali Peran Pemuda Dalam Partisipasi Pembangunan Daerah Menuju Indonesia Emas 2045”, Musda diikuti oleh perwakilan 20 Organisasi Kepemudaan (OKP) seperti GMNI, Forum Komunikasi Putra-Putri TNI-Polri (FKPPI), HMI, PMII, KAMMI, ANSOR, Pemuda Panca Marga dan lainnya tersebut. Turut hadir sejumlah pimpinan DPD KNPI Provinsi Jawa Timur.


Musda DPD KNPI Jember digelar meriah dengan diselingi 2 kelompok penari tradisional yang membuka dan menutup pesta organisasi berhimpun kepemudaan terbesar tersebut.

"Adanya Musda ini membuktikan pemuda Jember memiliki semangat menghidupkan peran KNPI di Jember. Semoga ke depannya OKP di Jember solid bersama KNPI," kata Himawan Probo Pamungkas, S.E, Ketua DPD KNPI Jawa Timur.

Sementara Liga Alam M, S.T, selaku Sekretaris DPD KNPI Jawa Timur, menginformasikan, bahwa beberapa Kota dan Kabupaten di Jatim akan melaksanakan Musda, seperti Kabupaten Jombang yang rencananya akan menggelar Musda awal bulan Oktober, disusul Mojokerto, Gresik dan Surabaya.

"Beberapa daerah lain seperti Malang Kabupaten dan Trenggalek sudah kita terbitkan SK Caretaker, yang tugas utamanya adalah menyiapkan Musda di daerahnya masing-masing. Dan semua daerah yang telah habis periodesasi kepengurusannya agar menyiapkan Rapimda/Musda. KNPI Jatim siap mendampingi hingga selesai," lanjut Liga, yang menunjuk KNPI Jember sebagai salah satu contoh mekanisme organisasi yang dijalankan secara efektif, kolektif dan sesuai AD/ART KNPI.

Dalam Musda Jember, Arif Ramadhany terpilih secara aklamasi setelah didukung oleh hampir seluruh organisasi kepemudaan di Jember, sebagai Ketua KNPI Kabupaten Jember periode 2022-2025.

“Kedepan kita ingin KNPI Jember menjadi solidarity maker bagi seluruh OKP di Jember. Politik KNPI adalah politik negara dan kebangsaan, dimana semua perbedaan bendera dan kepentingan primordial harus dikesampingkan. KNPI mesti menjadi rumah yang nyaman, aspiratif, wadah kreatifitas, dan perekat segala perbedaan” ujar Arif usai terpilih sebagai formatur sekaligus Ketua DPD KNPI Kabupateb Jember. **