Innovation App di Gebyar ICT 2021: eksplorasi kecerdasan digital


JurnalMalang - Sebagai salah satu cara untuk tetap produktif di masa Pandemi Covid-19 yang menggoyahkan semua sektor kehidupan masyarakat, Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menyelenggarakan sebuah event teknologi bernama Gebyar ICT 2021 atau Information and Communication Technology yang dilaksanakan dari tanggal 05 Oktober 2021.

Dalam Gebyar ICT 2021 ini diselenggarakan pula Webinar Nasional yang dilaksanakan pada tanggal 28 November 2021. Webinar tersebut terbuka untuk umum dengan mengangkat tema “Make an Impact in Pandemic Era”. 

Pada webinar tersebut, para peserta diberikan pengetahuan dan motivasi dari 2 pemateri keren yaitu Kak Anjas Maradita dari Daunnet Film dan Kak Thomi Jasir selaku Senior Software Development Engineer di DANA.

Terdapat beberapa kompetisi yang digelar pada Gebyar ICT 2021, salah satunya yaitu Innovation App. Kompetisi ini mengangkat 2 tema yaitu “Strategi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal” dan “Technology Applications To Improve Large Enterprise And MSME Business During The Pandemic”.
Seleksi pada Innovation App ini dikakukan dengan 2 tahap. 

Tahap yang pertama yaitu tahap penyisihan yang dilaksanakan dari tanggal 8 November hingga tanggal 22 November 2021. Dari tahap penyisihan tersebut, diambil 5 karya terbaik yang nantinya akan melakukan presentasi karya di tahap final pada tanggal 27 November 2021. Untuk informasi kejuaraanya sendiri diumumkan pada penghujung webinar.

Berdasarkan seleksi yang ketat oleh panitia serta juri-juri yang profesional, yakni dari Kak Nanda Mochammad dan Kak Jefry Dewangga sehingga menghasilkan 3 nama pemenang Innovation App.

Gbr1 : Para pemenenang Innovation App.

Juara 3 Innovation App dimenangkan oleh tim Asylum Terbaik Sedunia dengan karya yang berjudul “Rancang Bangun Media Pengenalan Membatik Untuk Sarana Pengenalan dan Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Batik”. 

Untuk juara 2 diraih oleh tim Developer Sholeh dari Bandung dengan karya yang berjudul “Perancangan Aplikasi Destinasi Pariwisata Bali Dengan Flutter Sdk Berbasis Dart Programming Language”. 

Dan yang menjadi juara utama Gebyar ICT 2021 pada cabang Innovation App sekaligus membawa pulang uang senilai Rp.3.000.000,- adalah tim GassJOSS dari Sidoarjo dengan karya yang berjudul “uCraft : Platform Aplikasi Jual Beli Kerajinan Tangan Sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi UMKM Berupa Produk Lokal dengan Konsep Ekononi Kreatif”.

Dengan adanya  acara Gebyar ICT 2021, diharapkan dapat mewadahi para peserta khususnya dalam mengembangkan produk seputar Information and Communication Technology.  

Innovation App dipilih dengan tujuan untuk menginspirasi pengembang berbakat di seluruh Indonesia untuk rekayasa perangkat lunak digital yang mulus, cerdas, dan inovatif, serta menjelajahi masa depan kecerdasan digital di era pandemi khususnya di bidang ekonomi. **