Gebyar ICT 2021 UIN Maliki Sukses Gelar Kompetisi Cinematography, Produktif Berkarya Dimasa Pandemi


JurnalMalang - Pandemi Covid-19 memang belum usai, namun hal tersebut jangan dijadikan alasan untuk bermalas-malasan. Jadi produktivitas harus tetap terjaga ya!

Sebagai salah satu cara untuk tetap produktif, Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menyelenggarakan sebuah event teknologi bernama Gebyar ICT 2021 atau Information and Communication Technology yang dilaksanakan dari tanggal 05 Oktober 2021.

Dalam Gebyar ICT 2021 ini diselenggarakan pula Webinar Nasional yang dilaksanakan pada tanggal 28 November 2021. Webinar tersebut terbuka untuk umum dengan mengangkat tema “Make an Impact in Pandemic Era”. 

Pada webinar tersebut, para peserta diberikan pengetahuan dan motivasi dari 2 pemateri keren yaitu Kak Anjas Maradita dari Daunnet Film dan Kak Thomi Jasir selaku Senior Software Development Engineer di DANA.

Terdapat beberapa kompetisi yang digelar pada Gebyar ICT 2021, salah satunya yaitu Cinematography. Kompetisi ini mengangkat tema “Freedom Of Expression to Represent Society” yang didalamnya dikhususkan untuk 5 bidang, yaitu pendidikan, politik, ekonomi, kesehatan, serta sosial dan budaya.

Tahap penyisihan Cinematography dilaksanakan dari tanggal 14 November hingga tanggal 22 November 2021. Dari tahap penyisihan tersebut, diambil 5 karya terbaik yang selanjutnya karya-karya tersebut diunggah pada official Youtube Gebyar ICT 2021. 

Video dengan jumlah like terbanyak berhak mendapatkan gelar sebagai juara video terfavorit. Informasi kejuaraanya sendiri diumumkan pada penghujung webinar.

Penilaian juga dilakukan oleh juri dengan kriteria yang sudah ditentukan. Juri dari cabang Cinematography pada Gebyar ICT tahun ini ada 2, yakni Kak Anjas Maradita dan Kak Riza Pahlevi yang diyakini mampu melakukan penilaian dengan baik dan professional.

Gbr1. Para Pemenang Cinematography

Gambar 2 : Pemenenang video terfavorit (Tim Hasrat)

Juara 3 Cinematography diberikan untuk karya dengan judul “Salah Siapa?” yang dibuat oleh tim Balik Pagar dari Kotagede, Yogyakarta. 

Untuk juara 2, diberikan untuk karya dengan judul “SMK Mutu” yang dibuat oleh tim SMK MUTU (Team 1) dari SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Malang. 

Dan juara 1 Gebyar ICT 2021 pada cabang Cinematography diraih oleh tim Politeknik Negeri Banyuwangi (Cinema1) dengan karya yang berjudul “Keterbatasan Bukan Sebuah Alasan”. 

Sedangkan untuk juara video terfavorit diraih oleh tim Hasrat dari Malang dengan karyanya yang berjudul “Daring”.

Dengan adanya acara Gebyar ICT 2021 ini, diharapkan dapat mewadahi para peserta khususnya dalam mengembangkan produk seputar Information and Communication Technology.  

Cinematography dipilih dengan tujuan untuk menyampaikan kondisi masyarakat dengan kritikan positif agar dapat membangun inisiatif masyarakat Indonesia dalam mewujudkan negeri impian semua orang di tengah situasi pandemi. **