Konsolidasi DPD LIRA Malang Raya: Dari Persiapan Baksos Ramadhan Hingga Seruan Anti Terorism


JurnalMalang - DPD Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Malang Raya menyelenggarakan Silaturrahmi & Konsolidasi di Hotel Pelangi Malang, pada Sabtu, 10 April 2021. Dimulai dari pukul 10.00 hingga 13.00 wib.

Acara yang dihadiri ratusan perwakilan pengurus dan anggota LIRA Se Malang Raya tersebut bersama-sama menyerukan NKRI dan khususnya Bumi Arema yang damai dan terhindar dari masalah yang pelik seperti bahaya paham radikalisme yang berujung pada terorisme. Mendukung kampanye tersebut, LIRA Malang Raya membagikan kaos 'anti terorism' kepada seluruh peserta.

"Acara konsolidasi internal ini dalam rangka silaturrahmi dan juga merespon berbagai isu yang sedang berkembang di masyarakat," Ujar H.M. Zuhdi Achmadi, SH Koordinator LIRA Malang Raya. Tokoh yang akrab disapa Didik LIRa dan dikenal dekat dengan para aktifis organisasi di Malang tersebut juga menyampaikan pentingnya masyarakat menyadari bahayanya berbagai paham yang tidak sejalan dengan ideologi negara. Sehingga LIRA Malang akan selalu bersinergi dengan berbagai komponen bangsa untuk bersama-sama menangkal ancaman gerakan teror yang mengganggu stabilitas NKRI. 


Dalam salah satu poin materi deklarasinya juga LIRA menolak aksi terorisme dikaitkan dengan agama manapun karena aksi terorisme sesungguhnya melanggar prinsip semua agama. Para teroris memanfaatkan dalil agama untuk pembenaran tindakan kekerasannya.

Acara dibuka dengan bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan Ketua DPD LIRa Malang Raya, Sambutan Ketua Dewan Pakar Dr. Haris Thofly, SH, M.Hum (Akademisi yang juga Ketua Umum PSSI Kota Malang), Ketua Dewan Pembina H.M. Jauhari (Tokoh masyarakat dan gurubesar Beladiri), Sambutan Gubernur (Ketua Wilayah) LIRA Jawa Timur, Sutrisno.


Selanjutnya, Sekretaris Daerah DPD LIRA Malang Raya, Dito Arief N, S.AP, M.AP memandu acara pembacaan susunan pengurus terbaru LIRA se Malang Raya dan gambaran program kerja organisasi ke depannya. Beberapa agenda LIRa Malang Raya direncanakan dalam waktu dekat antara lain, baksos ramadhan di berbagai panti asuhan, prakondisi produksi tanaman dan pembibitan porang dan program mendukung pemberdayaan ekonomi.

Setelah diskusi singkat antar peserta, dan doa bersama, dipenghujung acara dilakukan deklarasi Anti Terorism LIRA Malang Raya dihadapan puluhan media massa. Acara ditutup dengan ramah tamah dan makan siang bersama.

LIRA: Kami melihat, kami mendengar, kami berbuat. Malang Raya Hebat! **