Ketum & Sekjen DPP KNPI Antar Bantuan Untuk Korban Bencana di Bima NTB


JurnalMalang - DPP KNPI terus menyalurkan bantuan ke berbagai daerah yang terdampak bencana di Indonesia. Kali ini DPP KNPI yang dipimpin langsung Ketua Umum Haris Pertama dan Sekjen Gandung Rafiul NH turun ke Bima NTB mendistribusikan bantuan KNPI Pusat. Selama masa pandemi ini, DPP KNPI telah menyalurkan bantuan sosial miliaran rupiah baik dalam bentuk paket sembako, makanan siap saji, perlengkapan ibadah, APD maupun uang tunai.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, bencana banjir besar yang melanda Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) mengakibatkan lebih dari 29 ribu warga terdampak banjir akibat  Siklon Tropis Seroja tersebut.


Mengutip Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), sebanyak 10.185 kepala keluarga dengan total jumlah 29.182 jiwa terdampak.  Banjir juga mengakibatkan dua warga meninggal dunia. Total rumah rusak akibat banjir Bima sebanyak 5.333 unit.

Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) Haris Pertama ditemani Sekjen DPP KNPI Gandung Rafiul Nurul Huda serta beberapa jajaran pengurus pusat, Ketua DPD KNPI Kabupaten Bima Ferdiansyah Fajar Islam dan jajarannya bergerak cepat menelusuri sejumlah desa terpencil yang terkena banjir paling parah. 

Haris juga memberikan bantuan sembako kepada warga yang terdampak. Sebelumnya, DPP KNPI juga turun ke Nusa Tenggara Timur (NTT) dan membagikan bantuan kepada korban bencana banjir bandang.

“Penyerahan bantuan di Bima ini adalah rangkaian kegiatan sosial DPP KNPI. Kami peduli dan prihatin terhadap bencana yang melanda Indonesia. Sebelumnya kami juga telah memberikan bantuan terhadap korban banjir bandang di NTT,” ujar Haris, Minggu (11/4/2021).

Haris Pertama memastikan DPP KNPI akan terus hadir di tengah-tengah masyarakat yang terdampak bencana sesuai dengan tagline KNPI untuk rakyat dan “energy of harmony”.

“Diharapkan bantuan ini dapat meringankan beban mereka.  Terlebih menjelang bulan Ramadhan yang sebentar lagi akan tiba,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, DPP KNPI juga mengucapkan rasa dukanya terhadap gempa bumi di Kabupaten Malang, Jawa Timur. 

“Saya Ketua Umum DPP KNPI mengucapkan rasa dukanya terhadap korban tewas gempa Malang. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan,” ujar Haris. 

Sementara Sekjen Gandung RN. Huda menambahkan, bahwa KNPI akan terus hadir di tengah-tengah masyarakat, selain sebagai katalisator perubahan juga sebagai bagian dari solusi problem kerakyatan.


"DPP KNPI bukan lagi organisasi elitis yang hanya beredar di pusaran kekuasaan. Tapi juga hadir di tengah-tengah problem sosial masyarakat Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas hingga Pulau Rote." Pungkas Gandung Rafi yang merupakan aktifis pemuda asal Malang pertama yang menjadi Sekjen DPP KNPI. **