Dr. Hamdan Zoelva dan KH. Marzuqi Mustamar Resmikan Graha SDSI di Malang


JurnalMalang - Kantor Pelayanan Satu Pintu Serikat Dagang Seluruh Indonesia (Graha SDSI) diresmikan oleh Ketua Umum PP Sarekat Islam yang juga mantan Ketua MK Dr. Hamdan Zoelva, S.H, M.H (Rabu, 3/3/2021). 

Acara yang dilaksanakan sesuai protokol kesehatan di Kantor Graha SDSI tersebut dihadiri Ketua PW NU Jawa Timur, KH. Marzuki Mustamar, M.Ag, perwakilan lembaga perbankan dan undangan terbatas.


Dalam sambutannya Kiyai Marzuki menekankan pentingnya berserikat, bekerjasama untuk tujuan yang baik.

"Sendirian tidak bisa besar. Islam menganjurkan untuk bekerjasama dan gotong royong." Ujar Kiyai Marzuki sambil menyampaikan Hadist Nabi dan juga Hadist Qudsi yang menekankan betapa pentingnya manusia bekerjasama, bersatu untuk mencapai tujuan bersama, dengan cara-cara yang jujur dan amanah. Menurutnya, kejujuran dan amanah akan mudah mendapatkan kepercayaan masyarakat.

Sementara Dr. Hamdan Zoelva menyambut baik diresmikannya Graha SDSI. Menurut Ketua Badan Pengawas Organisasi SDSI tersebut, SDSI sudah menyambut era baru yang sudah 'Go Digital'.

Terjadi perubahan drastis dalam kehidupan masyarakat. Desa maupun kota tidak ada lagi batas akibat meningkatnya akses komunikasi global. Setelah era Revolusi Industri 4.0 yang sedang berlangsung kini memasuki Society 5.0 yang cirinya adalah masyarakat sudah berada dalam suatu jaringan komunikasi global, data yang terdigitalisasi, percepatan arus informasi publik dan meluasnya pemanfaatan kecerdasan artifisial. Sehingga segala layanan publik harus semakin cepat, praktis, profesional dan manusiawi.

"Keadilan sosial akan terwujud dengan bekerjasama, dengan menerapkan prinsip saling tolong menolong dan gotong royong. SDSI agar menjaga amanah." Ujar Dr. Hamdan Zoelva dalam sambutannya. Dijelaskan juga bahwa program SDSI yang menyasar UMKM akan mendukung penguatan ekonomi kerakyatan, menjadikan masyarakat sebagai subjek pembangunan, penggerak perubahan. Ketimpangan ekonomi dapat diatasi antara lain dengan perluasan pemberdayaan ekonomi rakyat, membangun kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan secara maksimal layanan yang diberikan pemerintah, seperti BPJS Ketenagakerjaan dan layanan publik lainya. 

Rakyat diharapkan berkolaborasi, memperkuat sinergi untuk mencapai tujuan kolektif, pada semua sektor seperti ekonomi, kesehatan dan pendidikan.


Didampingi Ketua Umum SDSI Andi Gunawan, Dr. Hamdan Zoelva dan Kiyai Marzuki melakukan seremonial pemotongan pita sebagai tanda launcing Graha SDSI.

Pelayanan Satu Pintu Graha SDSI yang terdiri dari Zoelva Insight, Notaris, Perisai BPJS Ketenagakerjaan dan Warung SDSI mendukung pendekatan dan peningkatan pelayanan pada masyarakat di bidang hukum, asuransi dan pemberdayaan ekonomi. SDSI juga memiliki sejumlah program unggulan, antara lain adalah menggandeng UKM/UMKM untuk menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan, dengan angsuran yang terjangkau.

Perserikatan rakyat di sektor ekonomi dan bersatunya potensi UMKM  diharapkan dapat menjadi kekuatan ekonomi baru yang dapat mengimbangi poros ekonomi yang selama ini didominasi segelintir kelompok konglomerat. #red1