Selain Physical Distancing Masyarakat Desa Juga Dihimbau Terapkan PHBS

Tantri Bararoh intensif monitoring pelaksanaan cegah covid di MalangKab / tb
JurnalMalang - Selain berbagai rekom medis dan himbauan pemerintah, salah satu cara efektif untuk meredam dampak virus covid19 adalah dengan taat menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Pola hidup yang sehat dan lingkungan yang bersih akan memperkuat daya tahan tubuh, menjadikan lingkungan lebih steril sehingga daya rusak virus dapat dihambat.

Tantri Bararoh mengajak warga untuk menjaga desa tetap aman dari penyebaran virus corona atau covid-19.

Sebagai bentuk antisipasi, anggota DPRD Kabupaten Malang itu mengingatkan kembali bahwa pola penyebaran virus corona semakin sulit di prediksi.

Apalagi menurutnya menghadapi kemungkinan terburuk jelang lebaran ini, mudik adalah suatu kebiasaan dari masyarakat.

"Saya himbau agar setiap kades dan perangkatnya mengajak masyarakat menjaga lingkungan tetap bersih dan memperketat pengawasan untuk menghadapi lonjakan pemudik dari kota ke desa-desa," ujar Tantri Bararoh saat melakukan monitoring pencegahan covid-19 di Desa Sumber Putih, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang, Senin (13/04/2020).

Politisi PDI Perjuangan itu mengatakan sangat dibutuhkan peran seluruh pihak dalam mencegah terjadinya penyebaran wabah corona, mulai dari tingkat pusat, daerah hingga desa.

"Desa harus mempersiapkan diri, kepala desa dan perangkatnya beserta satgasnya juga harus dibekali kemampuan sosialisasi kepada masyarakat menghadapi virus corona. Setiap perantau yang datang dari luar kota ke desa wajib diawasi dan dilaporkan atau segera memeriksakan diri ke rumah sakit atau puskesmas terdekat," ujar Tantri, sapaan akrabnya.

Doktor lulusan Universitas Brawijaya itu juga menghimbau masyarakat desa agar mematuhi peraturan pemerintah untuk bekerja di rumah dan melakukan physical distancing hingga membatasi perjalanan ke luar daerah.

"Saya berharap dengan bantuan seluruh stakeholder, dengan adanya sinergitas seluruh elemen dapat memutus rantai penyebaran covid-19 di desa-desa yang ada di Kabupaten Malang," papar Tantri Bararoh. **