Posyandu dan Imunisasi Gratis di Daerah Perbatasan RI-Malaysia


Satgas Pamtas, Yonif Para Raider 502 Kostrad peduli kesehatan masyarakat/ Dok. Pendiv2

Pendiv2 - Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI - Malaysia Yonif Para Raider 502 Kostrad bekerjasama dengan Puskesmas Badau untuk melaksanakan pelayanan kesehatan pengobatan massal gratis di Desa P.Majang. wilayah perbatasan Kalimantan Barat Disektor timur, Senin (21/11).

Selain memberikan pelayanan kesehatan juga mengadakan Posyandu termasuk imunisasi untuk anak-anak balita serta Penjaringan kesehatan. Desa P.Majang merupakan bagian dari Kecamatan Badau, berlokasi di daerah yang cukup sulit untuk dijangkau kendaraan. Perjalanan yang ditempuh sekitar 1 jam dari puskesmas dengan menggunakan kendaraan roda dua dengan kondisi jalan tanah yang cukup parah hingga dermaga dan sekitar 15 menit menggunakan speedboat menuju desa tersebut.

Jiwa Raga Sehat Bangsa Kuat / Dok.Pendiv2 Kostrad
Dari kegiatan ini dapat dirasakan kesadaran orang tua untuk membawa anak-anak balitanya ke Posyandu cukup tinggi. Dengan sukacita anggota Satgas Pamtas bersama para petugas kesehatan Puskesmas memberikan bimbingan tentang kebersihan lingkungan yang benar. Harapannya agar masyarakat Desa P.Majang dapat membudayakan hidup bersih untuk menjaga kesehatannya.

Posyandu melayani 50 orang baik ibu dan anak dengan kegiatan pemeriksaan kesehatan, imunisasi bagi calon ibu maupun bayi, dan pemberian makanan tambahan bagi balita. Pelaksanaan imunisasi anak sekolah berupa imunisasi DT diberikan kepada total 70 siswa. Penjaringan kesehatan anak sekolah didapatkan 40 data siswa, dengan hal-hal menonjol diantaranya 4 siswa memiliki masalah kesehatan berupa gangguan pernapasan yaitu asma, dan sekitar 30 siswa memilki masalah gigi.

Dok. Pendiv2
Kegiatan bidang kesehatan Satgas pamtas RI-Malaysia Yonif Para Raider 502 Kostrad ini dipimpin oleh dokter satgas yaitu Lettu Ckm dr. David Rendra bersama 3 anggota, dan Perawat Puskesmas Badau.

“Ibu dan anak-anak adalah lini terdepan perkembangan calon generasi penerus bangsa sehingga perhatian terhadap kesehatan ibu, balita dan anak-anak usia sekolah ini perlu digalakan, karena sesuai dengan pepatah "men sana in corpore sano" yaitu didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat,” Ungkap Dokter Satgas tersebut. (Pendiv2/red1).