Pelopor Jurnalisme Warga (Malang Raya, Jawa Timur)

Polling Pilkada MLG_KAB 2020 [One Phone One Vote]

Spirit Perjuangan Bung Karno Inspirasi Wujudkan "Malang Bangkit"

Bu Nyai Hj. Lathifah Shohib kagumi idealisme Bung Karno / malangbangkitcom

JurnalMalang - Kontestan Pilkada Kabupaten Malang yang mengusung tema Malang Bangkit, Bu Nyai Lathifah, menyatakan kagum pada kiprah dan kepemimpinan Bung Karno. Ide-ide kebangsaan BK juga senafas dengan komitmen juang NU yang mendukung penuh Pancasila sebagai Dasar Negara. Bahwa sinergi Proklamator - Nahdliyin dan elemen bangsa lainnya dalam bersama-sama memperjuangkan kemerdekaan dan kebangkitan bangsa adalah fakta sejarah yang selalu menginspirasi masyarakat dan generasi hingga di era millenial ini. 

Untuk menjaga semangat melanjutkan cita-cita pendiri bangsa penting untuk mengenang jasa dan perjuangannya. Calon Bupati Malang, Dra. Hj. Lathifah Shohib yang juga akrab disebut Bu Nyai Lathifah beberapa hari lalu melakukan ziarah ke makam Presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno di kota Blitar (8/10/2020).

Agenda ziarah ke makam Bung Karno itu dilakukan untuk mengingat perjuangan ‘the founding fathers’ dalam upaya membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Menurut wanita yang akrab disapa Bu Nyai itu sosok Bung Karno memiliki kedekatan dengan keluarga besarnya. Hal ini bisa ditilik dari pertemanan antara Bung Karno dengan sosok KH Bisri Syansuri, kakek Bu Nyai yang tak lain adalah salah satu pendiri NU.

“Bung Karno dengan kakek saya dulu satu perjuangan di masa kemerdekaan, kawan berdiskusi dan juga pernah sama-sama berjuang di konstituante,” kata Bu Nyai di sela ziarah.

Mantan Anggota DPR RI itu menambahkan, ada banyak hal yang patut dicontoh dari Bung Karno baik dari rasa nasionalisme dan ketegasan memimpin hingga pemikiran besar untuk bangsa dan negara.

“Bung Karno adalah sosok yang mampu menggali dasar negara yang diwujudkan dalam lima sila yang kita kenal dengan Pancasila,” ujarnya.

Bu Nyai menegaskan jika diberi amanat untuk memimpin kabupaten Malang pada lima tahun mendatang, maka gagasan besar dan rasa nasionalisme yang ditanamkan Bung Karno akan diwujudkan dalam kepemimpinannya. **

(Diolah dari sumber: malangbangkitcom)

Subscribe to receive free email updates: