Jurnalisme Warga (Malang Raya) - Not Commercial Media - jurnalmalang@gmail.com

Didukung Relawan DPC Pemuda Demokrat Indonesia Kab.MLG, DPC ISRI MalangKab Galang Solidaritas Berantas #Covid19

Aksi sosial dukung kab Malang bebas dari covid / jm.dok
JurnalMalang - Dewan Pengurus Cabang (DPC) Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI) Kabupaten Malang bantu warga melakukan penyemprotan cairan desinfektan.

Aksi sosial itu dilakukan untuk mencegah terjadinya penyebaran virus corona atau covid-19 di wilayah Kabupaten Malang.

Organisasi sarjana yang berjiwa Marhaenisme ini melakukan penyemprotan di sejumlah titik fasilitas umum terutama di Pasar Tumpang, Kabupaten Malang.

Tak hanya DPC ISRI Kabupaten Malang saja, aksi sosial penyemprotan desinfektan ini juga dibantu oleh sejumlah relawan dari DPC Pemuda Demokrat Indonesia Kabupaten Malang, Relawan Sosial Kecamatan Tumpang dan UPT Pasar Tumpang.

Ketua DPC ISRI Kabupaten Malang, Tantri Bararoh, mengatakan penyemprotan desinfektan dan sosialisasi tentang virus corona ini merupakan suatu langkah untuk memberikan edukasi atau pendidikan tentang kesehatan kepada masyarakat.

"Sudah kewajiban kita sebagai Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia memberikan edukasi yang baik kepada masyarakat, terutama untuk menerapkan pola hidup sehat," pungkas Tantri Bararoh.

Doktor lulusan Universitas Brawijaya itu mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik berlebihan terhadap masifnya penyebaran virus corona itu.
Namun, ia mengingatkan kembali agar masyarakat tetap waspada dan menjalankan anjuran dari pemerintah terkait pencegahan penyebaran covid-19.

"Kita harus tanggap terhadap apa yang dibutuhkan masyarakat, dengan kegiatan ini dimungkinkan mampu memutus rantai penyebaran virus corona. Selain itu juga dibutuhkan edukasi ke masyarakat untuk melakukan physical distancing sesuai anjuran pemerintah," ujar perempuan yang juga anggota DPRD Kabupaten Malang itu.

Sementara, Wakil Ketua Bidang Pemberdayaan dan Sosial Masyarakat Pemuda Demokrat Indonesia Kabupaten Malang, Wahid Jamil, mengatakan dengan adanya penyemprotan desinfektan ini berharap bisa membangun motivasi masyarakat untuk bergerak memutus rantai penyebaran virus corona.

"Kita berharap agar selalu bisa bergerak bersama dengan semua elemen terutama yang sama-sama berideologi marhaenisme untuk kepentingan rakyat dan bangsa," kata pria yang akrab disapa Gus Wahid itu.

Hal senada juga diungkapkan oleh Gopar. Ketua Relawan Kecamatan Tumpang itu mengatakan harus menanamkan rasa kepedulian terhadap sesama dalam setiap keadaan apapun.

"Kita selalu peduli dengan keadaaan ini, karena itu adalah bagian dari jiwa kemanusiaan kita," papar Gopar.

Kegiatan penyemprotan desinfektan ini juga disambut baik oleh pihak pasar. Kepala UPTD Pasar Tumpang, Sugeng Kusaeri Anwar mengucapkan banyak terimakasih kepada ISRI Kabupaten Malang dan relawan yang tergabung di dalamnya.

"Kami perwakilan dari Pasar Tumpang mengucapkan banyak terimakasih kepada Ibu Tantri Bararoh dan teman-teman relawan yang sudah peduli dengan pasar tumpang terhadap pencegahan penyebaran virus corona," katanya.

Pria yang akrab disapa Sugeng itu berharap dengan adanya penyemprotan secara berkala dapat mencegah terjadinya penyebaran virus corona. Sehingga menurutnya, perekonomian masyarakat tetap terjaga.

"Semoga dengan penyemprotan berkala, Pasar Tumpang tetap bisa beroperasi dan
perekonomian oedagang atau masyarakat kecil terus berjalan," pungkas Sugeng.

Selain edukasi kepada masyarakat, DPC ISRI Kabupaten Malang juga membagikan hand sanitizer gratis kepada pedagang pasar dan warga. *Bilq

Subscribe to receive free email updates: