Sudah Lolos 10 Besar, Luthfi MCW Kandidat Potensial Capim KPK

Gbr: kumparancom
JurnalMalang - Tahapan seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI terus bergulir dan sudah mengerucut pada 10 nama.

"10 nama sudah ada, saya akan membacakan," kata Ketua Pansel KPK Yenti Garnasih di Istana Negara Jakarta, Senin (2/9/2019).

Berikut ini 10 nama yang telah dinyatakan lolos oleh Pansel Capim KPK:

1. Alexander Marwata
2. Firli Bahuri
3. I Nyoman Wara
4. Johanis Tanak
5. Lili Pintauli Siregar
6. Luthfi J. Kurniawan
7. Nawawi Pomolango
8. Nurul Ghufron
9. Roby Arya
10. Sigit Danang Joyo

Selanjutnya 10 nama capim tersebut diserahkan ke Presiden dan RI1 akan menyodorkan nama-nama tersebut untuk dilakukan uji kelayakan dan kepatutan di DPR RI. Seleksi di DPR RI nanti akan berakhir dengan terpilihnya 5 orang pimpinan atau Komisioner KPK RI.

Akademisi dan tokoh anti korupsi asal kota Malang Lutfi J. Kurniawan berhasil lolos dalam 10 besar capim KPK, menunjukkan kapasitasnya sebagai sosok yang kredible dan layak mendapatkan posisi sebagai komisioner di lembaga yang paling ditakuti koruptor tersebut.

Sepak terjang Lutfi menjadi aktifis pejuang anti korupsi dimulainya sejak mahasiswa, setelah lulus, selain menjadi pengajar juga mendirikan lembaga Malang Corruption Watch (MCW) sebagai wadah perjuangan mendukung penegakan hukum terhadap pelaku kejahatan tipikor.

Luthfi yang kini menjadi Pembina MCW, telah menjadikan organisasi tersebut lebih dari sekedar organ aksi, tetapi juga edukasi, riset dan publikasi literasi pemberantasan korupsi yang banyak dijadikan referensi mahasiswa, dosen hingga praktisi hukum.

Dengan pengalaman dan kapasitasnya tersebut, Lutfi J. Kurniawan diharapkan melenggang menjadi pimpinan KPK, membawa perubahan serta membangun sistem prefentif yang menyeluruh dalam melenyapkan budaya korupsi di negeri ini. *red1

Subscribe to receive free email updates: