Pendiri MCW Malang Lolos 20 Besar Capim KPK RI

Ilustrasi : mcw pamplet
JurnalMalang - Perkembangan terbaru seleksi calon Pimpinan lembaga anti rasuah, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK RI) semakin mendekati final. Dari 40 nama telah mengerucut menjadi tinggal 20 nama.

Dari daftar nama tersebut ada Luthfi J Kurniawan, pendiri Malang Corruption Watch yang juga tokoh senior gerakan anti korupsi di Jawa Timur yang sejak lama gencar melakukan kaderisasi gerakan anti korupsi.

"Peserta yang dinyatakan lulus dinyatakan tes tahap seterusnya," ucap Ketua Pansel Capim KPK Yenti Garnasih di Kemensetneg, Jakarta Pusat, Jumat (23/8/2019), sebagaimana dikutip dari detikcom.
Gbr aksi, dok.mcw
Yenti mengumumkan 20 orang yang lolos dari 40 orang sebelumnya yang mengikuti profile assessment. Hingga tahapan ini, beberapa incumbent pemimpin KPK yang masih menjabat dinyatakan tidak lolos.

Berikut ini 20 nama capim yang diumumkan :

1. Alexander Marwata - Komisioner KPK
2. Antam Novambar - Anggota Polri
3. Bambang Sri Herwanto - Anggota Polri
4. Cahyo RE Wibowo - Karyawan BUMN
5. Firli Bahuri - Anggota Polri
6. I Nyoman Wara - Auditor BPK
7. Jimmy Muhamad Rifai Gani - Penasihat Menteri Desa
8. Johanis Tanak - Jaksa
9. Lili Pintauli Siregar - Advokat
10. Luthfi Jayadi Kurniawan - Dosen
11. Jasman Pandjaitan - Pensiunan Jaksa
12. Nawawi Pomolango - Hakim
13. Neneng Euis Fatimah - Dosen
14. Nurul Ghufron - Dosen
15. Roby Arya - PNS Seskab
16- Sigit Danang Joyo - PNS Kemenkeu
17. Sri Handayani - Anggota Polri
18. Sugeng Purnomo - Jaksa
19. Sujanarko - Pegawai KPK
20. Supardi - Jaksa

Luthfi J Kurniawan merupakan aktifis anti korupsi senior di Jawa Timur, yang tidak hanya gigih dalam menyuarakan pemberantasan gerakan anti korupsi dan clean goverment, tetapi juga aktif dalam melakukan kaderisasi mahasiswa / pemuda anti korupsi dan mendukung sejumlah pendidikan anti korupsi di Malang Raya dan sekitarnya.
Lutfi J.K /mcw
Kiprah Lutfi J Kurniawan teruji sebagai tokoh anti korupsi di Jawa Timur, yang tak kenal kompromi dan salah satu simbol penjaga integritas aktifis yang berani menghadapi tekanan dari pihak manapun. Sudah banyak pejabat publik yang terjerat hukum berdasarkan laporan dan temuan investigasi lembaga binaannya.

Sosok berperawakan kurus yang bermarkas di zona antikorupsi 'kalimetro' Merjosari Lowokwaru Malang ini fasih dalam aspek pemahaman hukum, bedah kasus, teknik investigasi penyelewengan anggaran negara, membaca APBN/APBD, manajemen gerakan anti korupsi dan kajian/literasi anti korupsi. Sejumlah buku, diktat panduan anti korupsi yang diterbitkan Intrans Publishing yang banyak jadi rujukan aktifis tiada lain karena hasil upaya dan supervisi Lutfi J Kurniawan.

Diskusi/kajian rutin MCW di markasnya Merjosari Malang / mcw
Sudah waktunya komisioner / pimpinan KPK diisi oleh representasi aktifis anti korupsi yang teruji kiprahnya, berani menyuarakan kebenaran tanpa pandang bulu dan SDM hukumnya berkualitas.
Gbr, dok.mcw
Jika hingga proses akhir nanti Lutfi lolos dan terpilih menjadi pimpinan KPK, harapannya di lembaga anti korupsi tertinggi tersebut dia bisa memperluas area perjuangannya dan bergerak dalam sistem negara yang memiliki kewenangan besar, akses luas, teknologi canggih dan didukung undang undang. Selain itu juga akan bisa membawa harum nama kota Malang sebagai kota pendidikan yang bisa mencetak kader kader handal di bidang gerakan anti korupsi di tingkat nasional. [Red1].

Subscribe to receive free email updates: