Latihan Taktik Ust Tingkat Kompi Yonif 412/6/2 Kostrad

Latihan Taktik Pertempuran / Foto Dok. Pendivif2 Kostrad
Pendivif2 - Batalyon Infanteri Mekanis 412/Bharata Eka Shakti merupakan satuan tempur yang senantiasa dituntut untuk selalu siap digerakkan dalam rangka kontijensi yang terjadi diwilayah seluruh wilayah NKRI. Guna mendukung keberhasilan tugas pokok tersebut, maka diperlukan kemampuan yang handal baik perorangan maupun satuan melalui latihan. Demikian harapan Komandan Batalyon Infanteri Mekanis 412 Letnan Kolonel Inf Fendri Navyanto Raminta. 

Taktik pertempuran adalah sebagai cara dan akal yang digunakan untuk bertempur dalam rangka melawan musuh yang menggunakan senjata. Taktik bukanlah ilmu yang dihafalkan tetapi ilmu yang harus di latihkan dan di kuasai oleh prajurit sesuai jabatannya, maka wajib bagi seluruh prajurit Yonif 412/BES harus selalu berlatih untuk mewujudkan prajurit yang professional, handal serta militan karena kesejahteraan bagi prajurit adalah melaksanakan latihan dan latihan. 

Dok. Pendiv2
Dengan latihan yang dilaksanakan dengan sungguh-sungguh secara bertahap, bertingkat dan berlanjut akan dapat meningkatkan naluri bertempur bagi insan prajurit sehingga akan peka terhadap setiap pergerakan musuh yang membahayakan dirinya. 

Uji Siap Tempur tingkat Kompi senapan atau yang biasa disebut dengan UST Kipan adalah salah satu metode yang dilaksanakan untuk menguji dan mengukur kesiapan tempur satuan setingkat Kompi senapan dalam menghadapi segala ancaman terhadap stabilitad nasional dalam rangka mempertahanhan kedaulatan NKRI. 

Kegiatan Uji Siap Tempur Tingkat Kompi senapan Yonif Mekanis 412/BES dilaksanakan pada tanggal 14 s.d 17 Nopember 2016 di daerah latihan Purworejo Komplek dengan medan yang beragam serta dengan tingkat kesulitan medan yang berbeda-beda serta dilaksanakan didaerah pemukiman penduduk. Kegiatan  Uji Siap Tempur tingkat Kompi senapan ini diikuti oleh 438 orang prajurit Yonif Mekanis 412/BES yang terorganisir dalam 3 Kompi Senapan yakni Kipan A, Kipan B dan Kipan C.

Adapun materi yang dilaksanakan dalam Uji Siap Tempur Tingkat Kompi senapan Yonif Mekanis 412/BES antara lain : Lawan Penghadangan Kendaraan, Lawan penghadangan Pengahadangan Jalan Kaki, Pengepungan dan Pembersihan di dalam Perkampungan (Pungsihpungdahmah), Serangan pemukiman, dan
Pelingkaran Serentak.

Kegiatan Uji Siap Tempur tingkat Kompi senapan ini bertujuan menguji kesiapan tempur prajurit Yonif Mekanis 412/BES, sehingga satuan setingkat Kompi selalu siap setiap saat dalam melaksanakan tugas yang diberikan, terutama dalam penugasan tempur dan penugasan lainnya baik dalam maupun luar negeri.

Hasil yang diharapkan dari Uji Siap Tempur tingkat Kompi Senapan ini adalah lulusnya Kompi senapan Yonif Mekanis 412/BES dalam melaksanakan semua materi yang di ujikan, sehingga diharapkan dapat meningkatkan mutu kesiapan tempur Kipan Yonif Mekanis 412/BES setiap saat. (Gasar/red1)

Subscribe to receive free email updates: