Kesiapan Divisi Infanteri 2 Kostrad Amankan Aksi Demo

Antisipasi hadapi gangguan Kamtibmas / Dok. Pendivif2
PENDIVIF2 - JURNALMALANG - Dalam rangka antisipasi terjadinya kembali unjuk rasa solidaritas muslim di wilayah Jakarta, Divisi Infanteri 2 Kostrad yang merupakan pasukan cadangan Mabes TNI, saat ini tengah melakukan langkah-langkah antisipasi menghadapi gangguan Kamtibmas menjelang rencana aksi demo 2 Desember nanti.

Berbagai persiapan tengah dilakukan oleh satuan jajaran Divif 2 Kostrad, untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan dan siap membantu Polri dalam mengatasi kerusuhan sosial, di wilayah DKI Jakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur dalam rangka mendukung Tugas Pokok TNI. Hal ini merujuk pada Peraturan Panglima TNI Nomor Perpang /71/VIII/2011 tanggal 19 Agustus 2011 tentang Buku Petunjuk Pelaksanaan tentang Perbantuan TNI kepada Polri dalam rangka Kamtibmas.

Penyiapan pasukan dilakukan secara maksimal atas perintah Komando Atas. Dalam pelaksanaannya, Satuan Divisi Infanteri 2 Kostrad akan melakukan tindakan tegas terhadap setiap pelaku unjuk rasa yang berusaha mengacaukan keamanan Ibu Kota. Sementara itu, dalam arahan dan penekanannya, Panglima Divif 2 Kostrad menginstruksikan kepada seluruh jajaran untuk tidak menggunakan senjata api berpeluru tajam, tetapi hanya menggunakan peluru karet dan hampa, sesuai dengan Protap dan Prosedur yang berlaku.

Disamping itu pihaknya juga mengintruksikan kepada seluruh prajurit satuan jajarannya untuk meningkatkan pengamanan di wilayahnya masing-masing, sebagai antisipasi manakala ada oknum masyarakat yang tidak puas, imbas dari upaya yang telah dilakukan oleh aparat yang melarang massa untuk ke Jakarta.
 
Sebagai pasukan Stand By Force, Divisi Infanteri 2 Kostrad bergerak atas perintah dan akan menindak secara tegas terhadap setiap upaya untuk melakukan kejahatan terhadap keamanan negara berupa makar terhadap Presiden dan atau wakil presiden, dan makar hendak memisahkan dari NKRI, serta makar dengan menggulingkan pemerintah Indonesia. (Pendiv2/red1).

Subscribe to receive free email updates: